KETELADANAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK DAN KEPRIBADIAN SISWA (STUDI TENTANG PERAN GURU PAI DI SD KEPUTRAN VIII KRATON YOGYAKARTA)

Salsiyah, NIM.: 08410246-E (2010) KETELADANAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK DAN KEPRIBADIAN SISWA (STUDI TENTANG PERAN GURU PAI DI SD KEPUTRAN VIII KRATON YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KETELADANAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK DAN KEPRIBADIAN SISWA ( STUDI TENTANG PERAN GURU PAI DI SD KEPUTRAN VIII KRATON YOGYAKARTA ))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KETELADANAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK DAN KEPRIBADIAN SISWA ( STUDI TENTANG PERAN GURU PAI DI SD KEPUTRAN VIII KRATON YOGYAKARTA ))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (898kB) | Request a copy

Abstract

Hal penting yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahwa SD Keputran VIII Kraton Yogyakarta sebagai salah satu lembaga pendidikan yang memiliki Visi dan Misi mengemban amanat dari pemerintah dan masyarakat untuk mendidik para siswa agar menjadi anak yang bertaqwa, cerdas, terampil, berakhlak mulia dan berkepribadian. SD Keputran VIII Kraton Yogyakarta memiliki beberapa kelebihan yakni dalam mendidik siswa, terutama dalam masalah pembinaan akhlak dan kepribadiannya. Para guru di SD Keputran VIII tersebut utamanya guru PAI dalam mendidik para siswa tidak cukup hanya dengan retorika, ceramah atau dalam bahasa Jawa nuturi saja akan tetapi selalu memberikan keteladanan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari cara bertegur sapa, bergaul dengan teman sebaya, dengan yang lebih tua, maupun dengan yang lebih muda, bagaimana cara bicara, bersikap dan sebagainya. Begitu pula diberikan keteladanan berdisiplin dalam beribadah, aktivitas dan tugas sehari-hari, dan sebagainya. Di sekolah juga selalu ditanamkan pada diri siswa sikap untuk berani menolak dan menjauhi hal-hal yang bertentangan dengan norma-norma agama maupun hal-hal yang membahayakan diri sendiri dan orang orang lain. Berangkat dari latar belakang di atas, maka penulis merumuskan permasalahan- permasalahan sbb.: Faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan dalam pembinaan akhlak dan kepribadian siswa di SD Keputran VIII Kraton Yogyakarta., bagaimana peran keteladanan guru PAI dalam pembinaan akhlak dan kepribadian siswa, serta bagaimana hasil pembinaan akhlak dan kepribadian melalui keteladanan guru PAI tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), maka teknik yang penulis gunakan adalah mengumpulkan data secara langsung dengan melalui observasi terhadap kegiatan pembelajaran dan pembinaan di sekolah, interview dengan civitas akademika yang ada di SD tersebut serta mengumpulkan dokumentasi yang terkait dengan keberadaan SD Keputran VIII Kraton Yogyakarta. Dan penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sehingga penulis akan memberikan gambaran (deskripsi) secara lengkap tentang peran dan hasil pembinaan guru PAI di SD Keputran VIII Kraton Yogyakarta kemudian penulis analisis secara deduktif dan induktif. Metode deduktif penulis gunakan untuk menganalisis peran guru PAI dalam pembinaan akhlak dan kepribadian siswa SD Keputran VIII Kraton Yogyakarta, sedangkan metode induktif penulis gunakan untuk menganalisis hasil dari peran guru PAI dalam pembinaan akhlak dan kepribadian siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.H.Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Akhlak Siswa, Pembinaan Akhlak, Kepribadian Siswa, Keteladanan Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 29 Feb 2024 09:40
Last Modified: 29 Feb 2024 09:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64171

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum