PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA BLUE LAGOON DI DESA WIDODOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN

Alvin Mahiransyah, NIM.: 19102030036 (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA BLUE LAGOON DI DESA WIDODOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA BLUE LAGOON DI DESA WIDODOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN)
19102030036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN DESA WISATA BLUE LAGOON DI DESA WIDODOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN)
19102030036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa wisata bisa menjadi salah satu inovasi dalam mengupayakan kesejahteraan dan keberdayaan masyarakat. Hal yang dilakukan bisa diupayakan melalui pemanfaatan lokasi dan potensi di dalam daerah yang dapat dikembangkan melalui tata Kelola desa wisata. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah mendeskripsikan proses pemberdayaan masyarakat di Dalem Desa Widodomartani melalui pengembangan desa wisata serta meneliti faktor-faktor pendukung dan penghambat yang memiliki pengaruh strategis dalam pengembangan desa wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu proses interaktif dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dalam meneliti proses pemberdayaan Masyarakat selama pengembangan desa wisata Blue Lagoon yang telah melalui beberapa tahapan diantaranya tahap persiapan dengan ditemukannya gagasan terkait tata Kelola wisata, tahap assessment melalui pemetaan asset potensi wisata, tahap perencanaan melalui pelibatan dan musyawarah dengan Masyarakat, tahap pelaksanaan melalui pengkapasitasan dengan pengadaan pelatihan dan kesempatan kerja bagi Masyarakat, tahap evaluasi, dan implementasi terhadap program pemberdayaan yang telah dilakukan melalui pemberian daya dengan pengalokasian pendapatan yang diperoleh untuk wisata, dan masyarakatnya. Dilain sisi terdapat faktor-faktor baik pendukung dan penghambat yang mengindikasi bahwa terdapat asset-asset di Dusun Dalem yang memiliki potensi wisata dan mempengaruhi bagi keberlanjutan pengembangan desa wisata selanjutnya. Pengembangan desa wisata di Dusun Dalem selanjutnya dapat memberikan manfaat dan memberdayakan masyarakat sekitar karena dapat menuai pendapatan dan mengembangkan kapabilitas Masyarakat dalam tata Kelola wisata. Dilain sisi masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dari tambahan pemasukan yang diperoleh dan membuka peluang lapangan kerja bagi sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:Siti Aminah, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: community empowerment; tourist village; potensi wisata
Subjects: Pariwisata
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 06 Mar 2024 08:22
Last Modified: 06 Mar 2024 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64292

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum