PERANAN UNIT PENGELOLA SOSIAL PNPM MANDIRI PERKOTAAN DALAM PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA (STUDI DI DESA POTORONO KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA)

Iksan, NIM.: 05230045 (2010) PERANAN UNIT PENGELOLA SOSIAL PNPM MANDIRI PERKOTAAN DALAM PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA (STUDI DI DESA POTORONO KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN UNIT PENGELOLA SOSIAL PNPM MANDIRI PERKOTAAN DALAM PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA (STUDI DI DESA POTORONO KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERANAN UNIT PENGELOLA SOSIAL PNPM MANDIRI PERKOTAAN DALAM PENGEMBANGAN SUMBERDAYA MANUSIA (STUDI DI DESA POTORONO KECAMATAN BANGUNTAPAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan mulai bulan Januari sampai dengan bulan April 2010. Permasalahan yang diteliti yaitu bagaimana pelaksanaan dan dampak kegiatan UPS untuk peningkatan SDM masyarakat Desa Potorono. Penelitian yang berusaha menggambarkan atau menguraikan tentang suatu variabel, gejala atau keadaan di Desa Potorono dengan memperoleh beberapa info seputar kegiatan yang di lakukan oleh Unit Pengelola Sosial. Adapan kerangka teoritik yang di gunakan adalah peran pekerja sosial dalam meningkatkan sumberdaya manusia. Dari hasil penelitian ini masyarakat yang menerima program dari Unit Pengelola Sosial PNPM Mandiri Perkotaan yang berupa pelatihan-pelatihan menunjukkan bahwa potensi yang dimiliki oleh masyarakat Desa Potorono khususnya masyarakat miskin yang menerima program. Kegiatan tersebut sebagian dapat meningkatkan efektifitas di masyarakat dengan mempunyai ketrampilan, pengetahuan dan dapat sebagi tambahan penghasilan keluarga, namun secara umum kegiatan yang dilakukan Unit Pengelola Sosial tidak dapat menggantikan pekerjaan mereka sebagai suatu pekerjaan yang pokok. Hal ini terbukti dengan adanya wawancara akhir yang di lakukan peneliti di lapangan, bahwa peserta yang memperoleh pelatihan-pelatihan tersebut tidak dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Meskipun mendapat alat dan bantuan modal mereka hanya menggunakan sementara saja sebatas formalitas supaya mendapat bantuan. Peserta juga tidak ada tanda-tanda untuk melakukan aktifitas pekerjaan dan yang mereka lakukan hanya menunggu orang yang mau datang kepada mereka untuk pemesanan, jika tidak ada pemesanan mereka juga hanya nganggur saja di rumah tidak bekerja dan tidak ada usaha yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Pajar Hatma. Ij, M.Si
Uncontrolled Keywords: PNPM Mandiri, Pengelola Sosial, SDM
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2024 09:50
Last Modified: 13 Mar 2024 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum