MODEL LAYANAN BELAJAR UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDIT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA

Solihin, NIM.: 03230070 (2010) MODEL LAYANAN BELAJAR UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDIT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL LAYANAN BELAJAR UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDIT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MODEL LAYANAN BELAJAR UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDIT HIDAYATULLAH YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Anak berkebutuhan khusus lahir bukan atas kehendak sendiri ataupun keinginan orang tuanya, tapi mereka adalah ayat-ayat Tuhan yang seharusnya di baca dan disikapi dengan segenap kepedulian. Kini keberadaan mereka tidakalah sedikit, Harian kompas tanggal 07 November 2003 melangsir bahwa ada sekitar 1,5 juta jumlah anak berkebutuhan khusus di Indonesia, jumlah ini belum termasuk anak ABK yang ada di daerah-daerah terpencil. Pada tahun yang sama Dit PLB mengungkapkan jumlah anak berkebutuhan khusus usia sekolah yang belum mendapatkan layanan pendidikan di lembaga pendidikan formal sebesar 96,7%.3 Pendidikan inklusi merupakan salah satu bentuk layanan belajar untuk anak-anak berkebutuhan khusus disekolah-sekolah formal, baik ditingkat TK, SD, SMP maupun SMA. Dengan adanya pendidikan inklusi diharapkan akses layanan belajar untuk anak-anak berkebutuhan khusus menjadi lebih mudah. Anak berkebutuhan khusus tidak perlu lagi bersekolah dengan mencari sekolah khusus yang terkadang jauh dari tempat tinggal mereka. Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Hidayatullah merupakan salah satu sekolah dasar yang ikut menyelenggarakan program layanan belajar untuk anak berkebutuhan khusus. Keberadaan program layanan ini mendapatkan respon yang positif dari masyarakat, namun di dalam pelaksanaannya,SDIT Hidayatullah mengalami berbagai hambatan dalam mencapai tujuannya. Model layanan belajar dirancang dalam rangka menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan yang dimiliki sekolah. Observasi dan wawancara secara langsung dengan kepala sekolah, kabag pengajaran dan kurikulum, guru bidang motivasi, guru pengampu anak berkebutuhan khusus, orang tua murid dan alumni telah dilakukan semuanya berjumlah 10 informan. Kemampuan sekolah dalam menerima anak berkebutuhan khusus masih terbatas (hasil penelitian menujukan bahwa terdapat 20 anak berkebutuhan khusus dari 350 murid yang ada. Terdiri dari 3 anak autis dan sisanya anak berkebutuhan khusus ganda (lambat belajar , kesulitan belajar, hiperaktif ringan dan berat)). Pembatasan ini di sesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki sekolah (hasil survai menunjukan bahwa sejak dibukanya program layanan ini pada tahun 2002 hingga sekarang sekolah baru mampu menyediakan dua guru pengampu khusus dengan satu ruang khusus berukuran 3x4 m2 ). Factor-faktor yang menjadi penyebab adalah keterbatasan SDM (hanya memiliki 1 orang guru khusus), keadaan kelas yang terbatas ditambah dengan kurang tersedianya media belajar yang memadai sehingga menjadikan program layanan ini terbatas dan kurang berjalan secara maksimal. Langkah-langkah perbaikan terhadap masalah yang terjadi adalah menambah SDM (minimal ada 3 guru pengampu khusus), memberikan keahlian-keahlian khusus terkait dengan penanganan untuk anak berkebutuhan khusus, membuat forum khusus untuk guru dan orang tua murid dengan bimbingan para professional dan melakuakan sosialisasi secara berkala guna menciptakan lingkungan akademik yang sehat untuk semua siswa. Sedangkan untuk melengkapi media belajar, sekolah harus mencantumkan secara tertulis kebutuhan media belajar anak dikelas ABK ke dalam rencana program kerja peningkatan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana, dengan demikian perlu dibuat rencana program kerja yang jelas, terukur dan sistematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Peningkatkan SDM, Prasarana Sekolah, Layanan Belajar, Disabilitas
Subjects: DISABILITAS
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2024 10:01
Last Modified: 13 Mar 2024 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum