Pengaruh Variasi Perasan Rimpang Kunyit (Curcuma longa) dan Bawang Putih (Allium sativum) terhadap Pertumbuhan Bakteri Coliform dan Salmonella sp. pada Tahu

Eka Amalia El Humairoh, NIM.: 18106040001 (2024) Pengaruh Variasi Perasan Rimpang Kunyit (Curcuma longa) dan Bawang Putih (Allium sativum) terhadap Pertumbuhan Bakteri Coliform dan Salmonella sp. pada Tahu. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Variasi Perasan Rimpang Kunyit (Curcuma longa) dan Bawang Putih (Allium sativum) terhadap Pertumbuhan Bakteri Coliform dan Salmonella sp. pada Tahu)
18106040001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Pengaruh Variasi Perasan Rimpang Kunyit (Curcuma longa) dan Bawang Putih (Allium sativum) terhadap Pertumbuhan Bakteri Coliform dan Salmonella sp. pada Tahu)
18106040001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh variasi konsentrasi serta lama perendaman kunyit (Curcuma longa) dan bawang putih (Allium sativum) terhadap pertumbuhan bakteri Coliform, bakteri Salmonella sp, dan pengamatan organoleptik (parameter tekstur, aroma, dan warna) pada tahu. Hasil uji pendahuluan menunjukkan perbandingan terbaik penggunaan kunyit dan bawang putih adalah 1:2 yang kemudian diencerkan pada uji lanjutan untuk memperoleh konsentrasi 10%, 12.5%, dan 15%. Uji lanjutan dilakukan menggunakan variasi konsentrasi 10%, 12.5%, dan 15% dengan lama perendaman 1 jam, 2 jam, dan 3 jam. Hasil uji lanjutan menunjukkan seluruh perlakuan dapat menghambat pertumbuhan bakteri Coliform dan Salmonella sp. Hasil terbaik diperoleh pada perlakuan konsentrasi kunyit dan bawang putih 15% dan lama perendaman 2 jam, berdasarkan parameter pertumbuhan bakteri Coliform dan Salmonella sp, serta uji organoleptik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Arifah Khusnuryani, S.Si., M.Si. S
Uncontrolled Keywords: Bakteri enteropatogenik; Coliform; kunyit; Salmonella sp.
Subjects: Biologi
Bakteri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Mar 2024 09:34
Last Modified: 21 Mar 2024 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64446

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum