EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi Kasus Di Desa Jangkrikan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo)

Ibnu Ngakil, NIM.: 17103070087 (2024) EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi Kasus Di Desa Jangkrikan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi Kasus Di Desa Jangkrikan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo))
17103070087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PERATURAN MENTERI SOSIAL NOMOR 1 TAHUN 2018 TENTANG PROGRAM KELUARGA HARAPAN (Studi Kasus Di Desa Jangkrikan Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo))
17103070087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) sebagai inisiatif pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga kurang mampu diimplementasikan dengan landasan hukum Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2018. Penelitian ini mengkaji efektivitas implementasi peraturan tersebut dengan memfokuskan pada perspektif maslahah mursalah di Desa Jangkrikan, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang diterapkan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dengan pendamping PKH, Kepala Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dan perangkat desa. Analisis data dilakukan dengan merinci hasil wawancara dan membandingkannya dengan teori efektivitas program, termasuk konsep maslahah mursalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKH di Desa Jangkrikan memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan keluarga penerima manfaat. Efektivitas program ini terlihat dari pemahaman yang baik tentang program, tepat sasaran, ketepatan waktu dalam pendistribusian bantuan, tercapainya tujuan, dan perubahan nyata dalam kehidupan keluarga. Perspektif maslahah mursalah, yang menekankan pada kemaslahatan umum dan perubahan positif dalam masyarakat, turut memperkuat aspek efektivitas program ini. Pendamping PKH memiliki peran sentral dalam mendukung pemahaman dan optimalisasi manfaat program bagi KPM. Dengan mengintegrasikan perspektif maslahah mursalah, PKH tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan sosial dan lingkungan di Desa Jangkrikan. Evaluasi dan pemantauan terus-menerus diperlukan untuk memastikan berkelanjutan dan peningkatan efektivitas PKH sesuai dengan prinsip-prinsip maslahah mursalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nilam Ghofur, S.H., M.Sos.
Uncontrolled Keywords: PKH; family welfare; maslahah mursalah; kesehatan masyarakat
Subjects: Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Mar 2024 11:01
Last Modified: 21 Mar 2024 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64451

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum