PERSEPSI PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP SEKSUALITAS DI PANTI 3 KEMANDIRIAN DISABILITAS YAYASAN SAYAP IBU CABANG YOGYAKARTA

Rama Sanjaya, NIM.: 21200011068 (2024) PERSEPSI PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP SEKSUALITAS DI PANTI 3 KEMANDIRIAN DISABILITAS YAYASAN SAYAP IBU CABANG YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP SEKSUALITAS DI PANTI 3 KEMANDIRIAN DISABILITAS YAYASAN SAYAP IBU CABANG YOGYAKARTA)
21200011068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI PENYANDANG DISABILITAS TERHADAP SEKSUALITAS DI PANTI 3 KEMANDIRIAN DISABILITAS YAYASAN SAYAP IBU CABANG YOGYAKARTA)
21200011068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Persepsi masyarakat yang keliru terhadap seksualitas penyandang disabilitas menjadi salah satu faktor penghambat terpenuhinya hak dan kebutuhan seksualitas penyandang disabilitas. Hal ini juga dirasakan oleh penyandang disabilitas yang tinggal di Panti 3 Kemandirian Disabilitas Yayasan Sayap Ibu cabang Yogyakarta. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemenuhan hak dan kebutuhan seksualitas penyandang disabilitas, bagaimana persepsi penyandang disabilitas terhadap seksulitas yang dimiliki, apa harapan terhadap seksualitas penyandang disabilitas dan bagaimana proses terbentuknya persepsi penyandang disabilitas terhadap seksualitas penyandang disabilitas di Panti 3 Kemandirian Disabilitas Yayasan Sayap Ibu cabang Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Terdiri dari dua jenis informan dalam penelitian ini yaitu informan utama berjumlah tiga orang penyandang disabilitas dan informan pendukung berjumlah 3 orang staf panti. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah pemenuhan hak dan kebutuhan seksualitas penyandang disabilitas di Panti 3 Kemandiria Disabilitas Yayasan Sayap Ibu cabang Yogyakarta mulai diperhatikan sejak adanya kasus seksualitas. Penyandang disabilitas memiliki persepsi mengenai relasi dan prokreasi, reaksi emosional, kondisi tubuh, ekspresi seksual dan miskonsepsi kesehatan reproduksi. Proses terbentuknya persepsi tersebut mulai dari adanya realitas dan cara mereka sendiri, adanya masyarakat sebagai peserta aktif, adanya interaksi sosial dalam konteks sejarah, budaya dan norma agama, penggunaan bahasa untuk mengungkapkan persepsi tersebut dan tidak adanya persepsi yang objektif. Penyandang disabilitas memiliki harapan yang sangat dasar terhadap hak-hak seksualitas mereka seperti menginginkan pernikahan, memiliki pasangan idaman, memiliki keturunan dan membangun keluarga. Penelitian ini memberikan pemahaman baru bahwa penyandang disabilitas memiliki persepsi dan hak yang sama untuk memenuhi kebutuhan serta mengekspresikan seksualitas mereka. Terutama penyandang disabilitas yang tinggal di Panti 3 Kemandirian Disabilitas Yayasan Sayap Ibu cabang Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Ro'fah, MA., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: disabilitas; seksualitas; kesehatan reproduksi
Subjects: Pekerjaan Sosial
DISABILITAS
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Mar 2024 13:30
Last Modified: 28 Mar 2024 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64574

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum