AL AKHTA'U AL NAHWIYYAH FI AL INSHA' AL 'ARABIY 'INDA TULLAB KULIYYAT AL MU'ALLIMIN AL ISLAMIYYAH BI MA'HAD ATTAQWA

Khalilatur Rasyidah, NIM.: 16110105 (2023) AL AKHTA'U AL NAHWIYYAH FI AL INSHA' AL 'ARABIY 'INDA TULLAB KULIYYAT AL MU'ALLIMIN AL ISLAMIYYAH BI MA'HAD ATTAQWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL AKHTA'U AL NAHWIYYAH FI AL INSHA' AL 'ARABIY 'INDA TULLAB KULIYYAT AL MU'ALLIMIN AL ISLAMIYYAH BI MA'HAD ATTAQWA)
16110105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL AKHTA'U AL NAHWIYYAH FI AL INSHA' AL 'ARABIY 'INDA TULLAB KULIYYAT AL MU'ALLIMIN AL ISLAMIYYAH BI MA'HAD ATTAQWA)
16110105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kesalahan sintaksis pada insya’ berbahasa Arab santri Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Pondok Pesantren At-Taqwa merupakan kajian tentang kesalahan bahasa yang penulis kaji melalui kajian sintaksis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan sintaksis pada insya’ berbahasa Arab santri, serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesalahan berbahasa Arab santri Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah Pondok Pesantren At-taqwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teori yang digunakan adalah teori sosiolinguistik dan interferensi bahasa pada aspek kesalahan sintaksis. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan teknik menyimak, mencatat, wawancara dan dokumentasi. Objek material dari peneitian ini adalah insya’ santri Kulliayatul Mu’allimin Al-Islamiyah Pondok Pesantren At-Taqwa dan objek formalnya adalah kesalahan berbahasa dalam insya’ tersebut. Adapun kesalahan yang ditemukan peneliti diantaranya sebagai berikut: penggunaan kata yang tidak sesuai dengan sintaksis bahasa Arab, penambahan dan pengurangan kata yang tidak tepat, kesalahan penyusunan frasa, dan kesalahan I’rab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hisyam Zaini. MA.
Uncontrolled Keywords: Sosiolinguistik. Interferensi Bahasa, Kesalahan Sintaksis
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Apr 2024 09:50
Last Modified: 03 Apr 2024 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum