EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI HAJI PINTAR PADA PENYELENGGARAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI UMRAH (KBIHU) BINA UMAT YOGYAKARTA

Fajar Fatwa, NIM.: 19102040113 (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI HAJI PINTAR PADA PENYELENGGARAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI UMRAH (KBIHU) BINA UMAT YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI HAJI PINTAR PADA PENYELENGGARAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI UMRAH (KBIH U ) BINA UMAT YOGYAKARTA)
19102040113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI HAJI PINTAR PADA PENYELENGGARAAN BIMBINGAN MANASIK HAJI DI KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI UMRAH (KBIH U ) BINA UMAT YOGYAKARTA)
19102040113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari rasa kekhawatiran peneliti terhadap proses seputar ibadah Haji, sulitnya memperoleh berbagai proses alur Haji di Indonesia, meskipun dari pemerintah telah merilis s uatu terobosan aplikasi Haji Pintar untuk mempermudah para jemaah haji, namun pada prakteknya masih belum bersifat menyeluruh oleh karena itu peneliti mengangkat permasahalan ini untu k dijadikan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini membahas tentang pent ingnya persiapan yang matang dalam melaksanakan ibadah haji, serta efektivitas penggusnaan aplikasi Haji Pintar dalam bimbingan manasik haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umrah (KBIHU) Bina Umat Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan teori kualit atif dengan memanfaatkan data kuantitatif untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Haji Pintar terbukti efektif dalam bimbingan manasik haji. Aplikasi ini mudah digu nakan dan dipahami oleh jemaah haji, memuat materi bimbingan manasik haji yang lengkap dan akurat, serta membantu jemaah haji dalam memahami dan mengingat materi bimbingan. Selain itu, aplikasi Haji Pintar juga meningkatkan motivasi dan kesiapan jemaah haj i dalam melaksanakan ibadah haji. Dalam konteks penyelenggaraan bimbingan manasik haji, penggunaan aplikasi Haji Pintar dapat menjadi alternatif yang efektif dan efisien. Dengan demikian, aplikasi Haji Pintar dapat menjadi solusi yang baik dalam mempersiap kan jemaah haji dalam melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: aplikasi haji pintar; bimbingan manasik haji; KBIHU Bina Umat Yogyakarta.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 05 Apr 2024 09:38
Last Modified: 05 Apr 2024 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum