AL JIHAD LIL HUSUL 'ALA AL ISTIQLAL MA'A AL WAQI' WA AL KHAYALAT FI AL MASRAHIYYAH " AUDAH FIRDAUS" LI ALI AHMAD BAKATHIR (FI DAW' NAZARIYYAH AL MAHAKAH AL ADABIYYAH)

Latifah Khumairah H, NIM.: 16110009 (2023) AL JIHAD LIL HUSUL 'ALA AL ISTIQLAL MA'A AL WAQI' WA AL KHAYALAT FI AL MASRAHIYYAH " AUDAH FIRDAUS" LI ALI AHMAD BAKATHIR (FI DAW' NAZARIYYAH AL MAHAKAH AL ADABIYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (AL JIHAD LIL HUSUL 'ALA AL ISTIQLAL MA'A AL WAQI' WA AL KHAYALAT FI AL MASRAHIYYAH " AUDAH FIRDAUS" LI ALI AHMAD BAKATHIR (FI DAW' NAZARIYYAH AL MAHAKAH AL ADABIYYAH))
16110009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (AL JIHAD LIL HUSUL 'ALA AL ISTIQLAL MA'A AL WAQI' WA AL KHAYALAT FI AL MASRAHIYYAH " AUDAH FIRDAUS" LI ALI AHMAD BAKATHIR (FI DAW' NAZARIYYAH AL MAHAKAH AL ADABIYYAH))
16110009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan naskah drama ‘Audatul Firdaus sebagai objek material dan objek formalnya adalah Perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan bentuk-bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan atas pendudukan Jepang yang tertuang dalam naskah drama yang berjudul ‘Audatul Firdaus. Naskah drama yang ditulis oleh Ali Ahmad Bakatsir ini merupakan naskah drama yang menceritakan tentang perjuangan bangsa Indonesia di masa pra proklamasi kemerdekaan Indonesia. Naskah drama ini diterbitkan pada tahun 1946 dan berhasil menarik simpati rakyat Mesir pada masa itu terhadap penderitaan yang dialami oleh bangsa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Mimetik Aristoteles yang merupakan sebuah pendekatan terhadap karya sastra dengan melihat kesamaan atau penjelmaan sebuah cerita dalam sebuah karya dengan peristiwa-perstiwa dalam kehidupan nyata. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi simak catat dan dalam analisisnya menggunakan teknik analisis kualitatif dan dialektika untuk mengkaitkan fakta yang terdapat dalam cerita dengan fakta di dunia nyata dan sejarah. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebuah kesimpulan bahwa secara garis besar, bentuk perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan terbagi menjadi dua, yaitu golongan tua yang memilih jalan politik dan golongan muda yang memilih jalan perang. Disamping terdapat dukungan dari beberapa organisasi wanita yang dibentuk Jepang seperti sekolah keperawatan. Selanjutnya, terkait fakta-fakta yang terdapat dalam naskah drama antara lain menggambarkan tentang kesengsaraan masyarakat akibat penjajahan, terpecahnya dua golongan dalam memperjuangkan kemerdekaan, dibentuknya Tentara Nasional oleh Jepang, dibentuknya sekolah keperawatan untuk para gadis dan wanita, serta peristiwa proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945. Adapun fiksi atau hayalan yang terdapat di dalam naskah antara lain dalam penggambaran kondisi markas anggota gerilya anak buah Syahrir, adegan di rumah H. Abdul karim dan terkait perbedaan pendapat oleh para pengikut dua kubu dalam menentukan pimpinan negara Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh Kanif Anwari,M. Ag
Uncontrolled Keywords: ‘Audatul Firdaus, Perjuangan Bangsa Indonesia, Pendekatan Mimetik
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2024 08:44
Last Modified: 19 Apr 2024 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64844

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum