PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MA’ARIF DIPONEGORO GUWOSARI PAJANGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Dhiya Ulkhaq Jauhar Maknun, NIM.: 19104010063 (2024) PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MA’ARIF DIPONEGORO GUWOSARI PAJANGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MA’ARIF DIPONEGORO GUWOSARI PAJANGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2023/2024)
19104010063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MA’ARIF DIPONEGORO GUWOSARI PAJANGAN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2023/2024)
19104010063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan karakter religius diharapkan mampu menumbuhkan sikap positif pada diri peserta didik untuk menjadi pribadi yang lebih baik sedini mungkin. Namun perbedaan masing-masing siswa menjadi problematika tersendiri dalam terlaksananya program dan kegiatan di dalam madrasah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter religius siswa. 2) Mengidentifikasi problematika pendidikan karakter religius siswa. 3) Mendeskripsikan upaya madrasah dalam mengatasi problematika pendidikan karakter religius siswa di MI Ma’arif Diponegoro Guwosari Pajangan Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertempat di MI Ma’arif Diponegoro Guwosari dengan subjek penelitian meliputi guru, kepala madrasah, dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pendidikan karakter religius siswa di MI Ma’arif Diponegoro Guwosari Pajangan Bantul sudah sesuai dengan konsep dasar manajemen pengembangan nilai karakter dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pendidikan karakter dilakukan menggunakan beberapa metode antara lain; metode pembiasaan, metode keteladanan, metode bimbingan, dan metode diskusi yang diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran maupun diluar pembelajaran. 2) Problematika pendidikan karakter religius siswa antara lain; kurangnya kesadaran siswa, kurangnya tenaga pembimbing, sarana dan prasarana madrasah kurang memadai, serta pengaruh lingkungan luar madrasah. 3) Upaya madrasah dalam mengatasi problematika pendidikan karakter religius anatara lain; memberikan contoh teladan yang baik kepada siswa, menjalin kerjasama antara guru dengan wali siswa, memberikan pembinaan dan bimbingan intensif, pengawasan dan pendampingan dalam setiap kegiatan, serta membuat catatan khusus tentang peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., MA
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Problematika Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2024 10:00
Last Modified: 19 Apr 2024 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum