PENGEMBANGAN FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI GEOMETRI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA

Reny Alfina Rahmawati, NIM.: 20104060041 (2024) PENGEMBANGAN FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI GEOMETRI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI GEOMETRI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA)
20104060041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI GEOMETRI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SMA)
20104060041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Aplikasi dengan integrasi teknologi diperlukan untuk menggambarkan materi geometri molekul yang sifatnya abstrak menjadi lebih konkrit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran flashcard berbasis augmented reality materi geometri molekul dan mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi dari model ADDIE (analyze, design, development, implementation, and evaluation). Kualitas produk akan divalidasi dan dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat reviewr (guru kimia) dan direspon oleh sepuluh siswa SMA. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa lembar penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dan lembar respon siswa menggunakkan skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi memperoleh presentase 96% termasuk kategori Sangat Baik, dari ahli media memperoleh presentase 92,8% dengan kategori Sangat Baik, untuk reviewer guru kimia mendapat presentase 95,4% dengan kategori Sangat Baik, dan mendapatkan respon positif dari siswa dengan presentase 98%. Berdasarkan hasil penilaian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi geometri molekul untuk meningkatkan minat belajar siswa SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Flashcard, Geometri Molekul, Minat Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 09:04
Last Modified: 23 Apr 2024 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64918

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum