PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PRAKTIK PERTAMBANGAN BATU BATA DI DESA LESONG DAYA KABUPATEN PAMEKASAN: TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN FATWA MUI NOMOR 22 TAHUN 2011 TETANG PERTAMBANGAN RAMAH LINGKUNGAN

Muhammad Suhud, NIM.: 18103060087 (2024) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PRAKTIK PERTAMBANGAN BATU BATA DI DESA LESONG DAYA KABUPATEN PAMEKASAN: TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN FATWA MUI NOMOR 22 TAHUN 2011 TETANG PERTAMBANGAN RAMAH LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PRAKTIK PERTAMBANGAN BATU BATA DI DESA LESONG DAYA KABUPATEN PAMEKASAN: TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN FATWA MUI NOMOR 22 TAHUN 2011 TETANG PERTAMBANGAN RAMAH L)
18103060087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PRAKTIK PERTAMBANGAN BATU BATA DI DESA LESONG DAYA KABUPATEN PAMEKASAN: TINJAUAN UNDANG-UNDANG NOMOR 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN FATWA MUI NOMOR 22 TAHUN 2011 TETANG PERTAMBANGAN RAMAH L)
18103060087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Negara Indonesia merupakan Negara dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat melimpah termasuk beberapa bahan galian pertambangan, bahkan kemajuan pembangunan yang ada di Indonesa sangat ketergantungan terhadap pemanfaatan hasil dari pertambangan. Beberapa pertambangan yang ada di Indonesia menjadi salah satu sektor pendapatan devisa yang sangat besar terhadap negara, namun sering kali dipersoalkan, karena beberapa pertambangan belum mempunyai izin. Kegiatan pertambangan tanpa izin ini sedang terjadi di Desa Lesong Daya, Kecamatan Batu Marmar Kabupaten Pamekasan yaitu tambang batu bata jenis batuan hampir memakan lahan separuh dari luasnya Desa Lesong Daya yang menampung 3076 masyarakat. Hal ini menjadi keresahan bagi peneliti untuk mengupas secara tuntas proses Penegakan Hukum Terhadap PraktIk Pertambangan Batu Bata di Desa Lesong Daya Kabupaten Pamekasan: Tinjauan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Fatwa Mui Nomor 22 Tahun 2011 Tetang Pertambangan Ramah Lingkungan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitataif dengan pendekatan yuridis-empiris. Teknik pengambilan data penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari wawancara dengan beberapa pihak yang ada di desa Lesong Daya. Sedangkan data sekunder penulis mengambil langkah studi kepustakaan dan dan studi dokumen atau arsip. Analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dimana penulis menggabungkan dua data primer yang didapatkan dilapangan, disusun, digambarkan dan dijelaskan secara sistematis, logis, efesien, dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian menunukkan bahwa praktek pertambangan batu bata di Lesong Daya, Batumarmar, Pamekasan, belum memiliki Surat Izin Penambangan Batuan (SIPB) dan tidak sesuai dengan Pasal 13 Ayat (1), (2) dan (3) BAB V UU Nomor 32 Tahun 2009 disebutkan bahwa (1). Pengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup dilaksanakan dalam rangka pelestarian fungsi lingkungan hidup (2). Pengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi a. pencegahan b. penanggulangan c. pemulihan (3). Pengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilaksanakan oleh pemerintah daerah, dan penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan sesuai dengan kewenangan, peran, dan tanggung jawab masing-masing. Kemudian dalam Fatwa MUI Nomor 22 Tahun 2011 bahwa pertambangan dapat dilakukan asalkan bertujuan untuk kepentingan umum dan pelaksanaan pertambangan harus memennuhi syarat diantaranya adalah harus sesuai dengan perencanaan tata ruang dan mekanisme perizinan yang berkeadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Surur Roiqoh, S.H.I., M.H
Uncontrolled Keywords: Tambang Ilegal, Pengakan Hukum, Maslahah Mursalah
Subjects: Perbandingan Madzhab
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2024 11:04
Last Modified: 25 Apr 2024 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64985

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum