TATWIR AL WASAIL AL TA'LIMIYYAH BI ISTIKHDAM QAMUS AL JAYB AL 'ARABI AL INDONISII MIN AJL DA'AM TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI AL SAFF AL THAMIN BI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL HUKUMIYYAH 1 YOGYAKARTA LI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2023/2024

Siti Nurlia, NIM.: 20104020013 (2024) TATWIR AL WASAIL AL TA'LIMIYYAH BI ISTIKHDAM QAMUS AL JAYB AL 'ARABI AL INDONISII MIN AJL DA'AM TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI AL SAFF AL THAMIN BI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL HUKUMIYYAH 1 YOGYAKARTA LI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2023/2024. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TATWIR AL WASAIL AL TA'LIMIYYAH BI ISTIKHDAM QAMUS AL JAYB AL 'ARABI AL INDONISII MIN AJL DA'AM TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI AL SAFF AL THAMIN BI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL HUKUMIYYAH 1 YOGYAKARTA LI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2023/2024)
20104020013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TATWIR AL WASAIL AL TA'LIMIYYAH BI ISTIKHDAM QAMUS AL JAYB AL 'ARABI AL INDONISII MIN AJL DA'AM TA'LIM AL LUGHAH AL 'ARABIYYAH LI AL SAFF AL THAMIN BI AL MADRASAH AL THANAWIYYAH AL HUKUMIYYAH 1 YOGYAKARTA LI AL SANAH AL DIRASIYYAH 2023/2024)
20104020013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bahasa Arab berbasis kamus saku Arab-Indonesia, untuk mengetahui kelayakan bahan ajar berbasis kamus saku Arab-Indonesia, dan untuk mengetahui respon peserta didik dan pengajar bahasa Arab kelas VIII di MTs Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang terdiri dari langkah mencari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi desain, dan uji coba pemakaian. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media dari pengajar bahasa Arab dan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Teknik analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengelola data kritik dan saran dari para ahli dalam bidang media, materi, guru pengampu bahasa Arab, serta peserta didik sebagai pengguna. Adapun analisis kuantitaif digunakan untuk menganalisis hasil validasi ahli, respon peserta didik, serta respon guru pengampu bahasa Arab. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Pengembangan kamus saku Arab-Indonesia diawali dengan menentukan potensi dan masalah, kemudian pengumpulan data, pembuatan produk, hingga tahap revisi produk yang dikembangkan. Pembuatan produk menggunakan bantuan aplikasi Microsoft Word untuk penulisan kosakata dan aplikasi Corel Draw untuk mendesain sampul, tata letak, dan animasi pelengkap kamus. 2) Kelayakan kamus berdasarkan penilaian ahli materi termasuk pada kategori sangat layak atau baik dengan persentase 88%. Sedangkan kelayakan kamus berdasarkan penilaian ahli media termasuk pada kategori layak atau baik dengan persentase 77%. 3) Respon peserta didik dan guru bahasa Arab terhadap bahan ajar berbasis kamus saku Arab-Indonesia adalah sangat baik. Peserta didik terbantu dalam memahami materi pelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Penelitian dan Pengembangan, Bahan Ajar Bahasa Arab, Kamus Saku Arab-Indonesia.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Apr 2024 12:13
Last Modified: 25 Apr 2024 12:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64997

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum