IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA (STUDI KASUS SISWA SMA-LB-C)

DANARSIH, NIM.: 07220051 (2011) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA (STUDI KASUS SISWA SMA-LB-C). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA (STUDI KASUS SISWA SMA-LB-C))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ·.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR DI SLB NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA (STUDI KASUS SISWA SMA-LB-C))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR···.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang implementasi bimbingan karir bagi siswa SMALB-C di SLB Negeri Pembina Yogyakarta tahun ajaran 2010-2011, metode implementasi bimbingan karir serta faktor penghambat dan pendukung implementasi bimbingan karir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil latar SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, interview mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan karir di SLB Negeri Pembina Yogyakarta bertujuan untuk membantu siswa mandiri, mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki guna menyiapkan nafkah dikemudian hari. Pelaksanaan bimbingan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan hasil. Dalam pelaksanaan bimbingan karir menggunakan empat pendekatan.Pertama pendekatan kelompok, individu, klasikal dan alih tangan kasus. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan adalah metode karyawisata, metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi. Adapun Faktor pendukung implementasi; sebagian besar pembimbing berpengalaman, pembawaan ramah, adanya kerjasama guru, karyawan dan siswa, fasilitas dan lingkungan yang memadai, luas sekolah, partisipasi orang tua. Hambatan yang dialami dalam implementasi bimbingan karir adalah beberapa guru merangkap, sebagian guru kurang responsif, kurangnya kesadaran orang normal terhadap ABK dalam bersosialisasi, waktu yang sedikit untuk BK, kurang modifikasi penyampaian bahan ajar. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengatasi hambatan yang ada dengan terus mengimbau kepada pengajar agar selalu membimbing anak dimana saja secara flexibel dan kondisional serta selalu menambah wawasan serta ketrampilan maupun kreatifitas dalam menghadapi siswa agar setiap proses kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan mencapai hasil yang lebih baik. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Abdullah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Bimbingan Karir, SLB
Subjects: Bimbingan Konseling
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 21 Jul 2023 09:47
Last Modified: 21 Jul 2023 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6530

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum