Havid Nur Solikhin, NIM.: 20104010062 (2024) NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA KURIKULUM MERDEKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA KURIKULUM MERDEKA)
20104010062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA KURIKULUM MERDEKA)
20104010062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang masalah ini adalah adanya kasus intoleran sering terjadi pada peserta didik jenjang SMA. Terdapat contoh kasus intoleran berupa larangan memilih Ketua OSIS non-muslim hingga pemaksaan pemakaian jilbab di sekolah. Salah satu upaya yang digunakan adalah memberikan pemahaman moderasi beragama melalui materi kepada peserta didik pada buku ajar. Dengan adanya transformasi kurikulum K 13 ke dalam kurikulum merdeka tentunya terdapat banyak perubahan. Salah satu perubahan terjadi pada isi materi Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum Merdeka Jenjang SMA. Penelitian ini bertujuan mengetahui muatan nilai-niali moderasi beragama dalam Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Jenjang SMA Kelas X Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode library research (kepustakaan). Teknik analisis data penelitian ini yaitu dengan analisys content atau mengkaji isi dan metode analisis deskriptif dari Buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tentang moderasi beragama Jenjang SMA Kelas X Kurikulum Merdeka yang menjadi sumber data primer. Hasil penelitian menunjukan (1) Materi pokok pada Buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X kurikulum merdeka terdapat 10 bab. Dalam setiap babnya telah terintegrasi 4 dimensi pengetahuan dalam kurikulum merdeka yaitu pengetahuan konseptual, pengetahuan faktual, pengetahuan prosedural dan pengetahuan metakognitif. Buku ini juga telah mengintegrasikan Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebagai standar yang harus diterapkan di jenjang SMA. Penerapan Taksonomi Bloom dalam aspek kognitif jenjang SMA yaitu analisis (C4), sintesis (C5), dan evaluasi (C6). (2) Dalam buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Kelas X Kurikulum Merdeka terbitan Erlangga memuat 6 nilai moderasi beragama yaitu : 1. Nilai Al-Qudwah terdapat 5 muatan, 2. Nilai I’tidal terdapat 6 muatan, 3. Nilai Al La’unf terdapat 4 muatan, 4. Nilai Tasamuh terdapat 7 muatan, 5. Nilai Asy-Syura terdapat 1 muatan 6. Nilai Tawasuth terdapat 2 muatan.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M.Si. |
| Uncontrolled Keywords: | Moderasi Beragama, Nilai-nilai, Buku Teks PAI, Budi Pekerti |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370. 114 Pendidikan Moral, Pendidikan Karakter |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 07 Jan 2025 15:07 |
| Last Modified: | 07 Jan 2025 15:07 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/69165 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
