PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PjBL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Aisyah Shafiah Najuba, NIM.: 20104040031 (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PjBL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PjBL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS)
20104040031_BAB_I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PjBL DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS)
20104040031_BAB_II_SAMPAI_SEBELUM_BAB_V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP pada materi teorema Pythagoras yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi empat tahapan, yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek uji coba produk untuk penilaian LKPD terdiri dari tiga validator yaitu dua dosen dan satu guru matematika, sedangkan subjek implementasi LKPD dalam pembelajaran adalah siswa kelas VIIIG di MTs N 1 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar penilaian kualitas LKPD, lembar angket respon pendidik dan peserta didik terhadap LKPD, soal tes kemampuan berpikir kreatif, modul ajar, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Berdasarkan hasil dan analisis data penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) LKPD berbasis PjBL-STEM ini memperoleh skor rata-rata sebesar 3,4 dan termasuk pada kategori “sangat baik” sehingga memenuhi kriteria valid; 2) Respon pendidik dan peserta didik terhadap LKPD ini mendapatkan persentase keidealan masing masing 86,25% dan 77,73% serta termasuk pada kriteria “sangat baik” dan “baik” sehingga sudah memenuhi kriteria praktis; 3) Hasil tes kemampuan berpikir kreatif yang menunjukkan bahwa peserta didik yang tuntas lebih banyak daripada yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan sebesar 78,12% termasuk pada kategori “baik” sehingga sudah memenuhi kriteria efektif. Oleh sebab itu, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran PjBL dengan pendekatan STEM untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif ini layak digunakan pada pembelajaran matematika kelas VIII MTs/SMP sederajat khususnya materi teorema Pythagoras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Fina Hanifa Hidayati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: LKPD, PjBL-STEM, Kemampuan Berpikir Kreatif, Teorema Pythagora
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Mar 2025 09:33
Last Modified: 05 Mar 2025 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/70454

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum