DAMPAK PROBLEM-BASED LEARNING MENGGUNAKAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

USUSANTI, NIM. 08600072 (2012) DAMPAK PROBLEM-BASED LEARNING MENGGUNAKAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PROBLEM-BASED LEARNING MENGGUNAKAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PROBLEM-BASED LEARNING MENGGUNAKAN OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran problembased learning menggunakan open-ended problem dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam peningkatan dan pencapaian kemampuan berfikir kreatif siswa SMP. Pokok bahasan dalam penelitian ini adalah luas dan volume prisma dan limas. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment menggunakan pretest-posttest control group design. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode pembelajaran (problem-based learning menggunakan open-ended problem dan pembelajaran konvensional) dan kemampuan awal matematika (prior knowledge). Variabel terikatnya adalah kemampuan berfikir kreatif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah siswa 231 siswa. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII D dengan jumlah siswa 32 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F dengan jumlah siswa 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain tes kemampuan awal matematika, pretest, posttest, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji ANOVA dua jalur yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran tidak berpengaruh dalam peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa dengan sig.0,768. Kemampuan awal matematika tidak berpengaruh dalam peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa dengan sig.0,139. Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan KAM dalam peningkatan kemampuan berfikir kreatif (sig.0,758). Metode pembelajaran tidak berpengaruh secara signifikan dalam pencapaian kemampuan berfikir kreatif dengan sig.0,418. KAM berpengaruh dalam pencapaian kemampuan berfikir kreatif dengan sig.0,020. Dan tidak ada interaksi antara metode pembelajaran dan KAM dengan sig.0,812. Kata kunci: dampak, problem-based learning menggunakan open-ended problem, KAM (prior knowledge), berfikir kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2013 21:29
Last Modified: 25 Jan 2016 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7327

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum