PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DI KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA

IHDA HUSNA FAJRI , NIM. 09410161 (2013) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DI KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DI KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DI KELAS VIII SMP N 15 YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

IHDA HUSNA FAJRI, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Pendidikan Karakter Kedisiplinan di Kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang penelitian ini berdasarkan melihat proses pendidikan saat ini yang masih mengalami kesulitan dalam membentuk pribadi peserta didik yang berkarakter mulia. Untuk itu melalui pembelajaran PAI diharapkan nantinya pendidik dapat menanamkan nilai karakter, khususnya karakter kedisiplinan dalam diri peserta didik sehingga peserta didik dapat memiliki kesadaran dalam bersikap dan mematuhi tata tertib dalam pembelajaran serta tata tertib sekolah. Karena dilihat pada realitanya di SMP N 15 Yogyakarta, kesadaran peserta didik untuk bersikap disiplin masih minim, sebab sebagian peserta didik masih sering terlambat masuk kelas, tidak mengerjakan tugas dengan tepat waktu, dan membuat gaduh di kelas. Untuk itu perlunya penanaman karakter kedisiplinan dalam pembelajaran PAI di SMP N 15 Yogyakarta, agar nantinya peserta didik dapat bersikap disiplin dalam mengikuti pembelajaran PAI dan pembelajaran lainnya, serta dapat mengaplikasikan sikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil latar belakang SMP N 15 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta angket. Analisis data dilakukan melalui empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penyimpulan data menggunakan pola penalaran induktif yaitu mencari data sebanyak-banyaknya lalu kemudian ditarik kesimpulannya (khususumum). Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses pembelajaran PAI berbasis pendidikan karakter kedisiplinan di kelas VIII SMPN 15 Yogyakarta yaitu dimulai dari kegiatan awal, hingga kegiatan pembelajaran berakhir. Kegiatan awal yang dilakukan sebelum pembelajaran yaitu guru dan siswa membiasakan bersikap 3S (Senyum, Salam dan Sapa) dan pemeriksaan kerapian pakaian siswa. Dalam kegiatan pembelajaran PAI, penerapan karakter kedisiplinan terlihat ketika siswa tidak terlambat masuk kelas, siswa mengikuti prosedur pembelajaran dengan tertib, siswa menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. 2) usaha-usaha yang dilakukan untuk menanamkan pendidikan karakter kedisiplinan dalam pembelajaran PAI di kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta yaitu dengan beberapa cara antara lain: pendekatan sosial dengan memberikan sikap teladan, memberikan bimbingan, arahan dan nasehat. Pendekatan psikologi yaitu pendekatan yang dilakukan guru kepada siswanya dengan jiwa dan rasa. Pendekatan demokratis juga dilakukan agar adanya sikap terbuka dari guru dan siswa.3) hasil dari diterapkannya pembelajaran PAI berbasis pendidikan karakter kedisiplinan di kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta yaitu sudah mengalami kemajuan, dapat dikatakan bahwa 90% siswa sudah menaati tata tertib sekolah dan tata tertib dalam mengikuti pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 May 2013 16:26
Last Modified: 28 Jul 2017 16:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7587

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum