STRATEGI GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI AGAMA MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

LATIFATUL KHOERIYAH - NIM. 08420160 (2013) STRATEGI GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI AGAMA MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI AGAMA MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI AGAMA MAN GANDEKAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk strategi yang digunakan guru di dalam kelas dan di luar kelas dalam upaya meningkatkan semangat belajar bahasa Arab kelas XI Agama MAN Gandekan Bantul, serta faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview (wawancara), dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan guru dalam upaya meningkatkan semangat belajar bahasa Arab bervariasai dan tidak monoton pada setiap tahap pembelajaran, baik pada awal, inti, maupun akhir serta evaluasi dan tindak lanjut. Adapun strategi pembelajaran bahasa Arab yang digunakan oleh guru bahasa Arab di kelas XI Agama yang dapat peneliti tulis yaitu: strategi didalam kelas meliputi: strategi Role Playing (bermain peran), strategi Reading Aloud (membaca keras), dan perpustakaan. Sedang strategi di luar kelas meliputi: strategi Peer Lesson (belajar dari teman), pembuatan kata-kata positif, pembuatan kaligrafi Arab, dan pembuatan Banner Asmaul Husna dan Wirid. Sedangkan faktor pendukung dalam meningkatkan semangat belajar bahasa Arab adalah adanya semangat guru dalam mengajar dan siswa dalam belajar, adanya kegiatan yang mendukung pemahaman siswa terhadap bahasa Arab seperti latihan pidato berbahasa. Adapun faktor penghambatnya adalah masih banyaknya siswa yang masih belum bisa berbicara bahasa Arab, latar belakang yang berbeda-beda, kurang maksimalnya waktu untuk belajar bahasa Arab, penggunaan LAB Agama tidak maksimal. Beberapa solusi yang dilakukan oleh pihak Madrasah untuk mengatasi masalah tersebut adalah memaksimalkan kedisiplinan para pendidik, serta menanamkan semangat terhadap bahasa Arab di dalam diri siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 May 2013 16:16
Last Modified: 30 Sep 2013 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum