EFEKTIVITAS KINERJA GURU PROFESIONAL DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus di SD Negeri 1 Bonyokan Jatinom Klaten)

VITA NUR HIDAYATI, NIM. 09410017 (2013) EFEKTIVITAS KINERJA GURU PROFESIONAL DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus di SD Negeri 1 Bonyokan Jatinom Klaten). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS KINERJA GURU PROFESIONAL DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus di SD Negeri 1 Bonyokan Jatinom Klaten))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (725kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS KINERJA GURU PROFESIONAL DALAM PENANAMAN KARAKTER SISWA (Studi Kasus di SD Negeri 1 Bonyokan Jatinom Klaten))
BAB II, III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Vita Nur Hidayati. Efektivitas Kinerja Guru Profesional Dalam Penanaman Karakter Siswa (Studi Kasus di SD Negeri 1 Bonyokan Jatinom Klaten). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya kinerja guru yang sudah sertifikasi dalam menanamkan karakter kepada siswa dan masalah yang terkait dengan karakter yang ada di SD Negeri 1 Bonyokan, Jatinom, Klaten yang merupakan RSBI. Idealnya RSBI tidak mempunyai kendala berkaitan dengan masalah karakter siswa dan guru-gurunya juga sudah profesional. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas kinerja guru profesional di SD Negeri 1 Bonyokan dalam penanaman karakter siswa. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan latar SD Negeri 1 Bonyokan, Jatinom, Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi pasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Nilai karakter yang ditanamkan oleh guru profesional di SD Negeri 1 Bonyokan, Jatinom, Klaten antara lain religius, cerdas, cinta tanah air, jujur, rasa ingin tahu, gemar membaca, kreatif, disiplin, peduli lingkungan, komunikatif, peduli sosial dan tanggung jawab. Dari nilai karakter yang ditanamkan tersebut, nilai karakter yang paling menonjol adalah nilai religius, cinta tanah air, jujur, disiplin, peduli lingkungan, dan tanggung jawab. 2) Strategi yang digunakan adalah pembudayaan yang meliputi: (1) penugasan, (2) pembiasaan, (3) pelatihan, (4) pengajaran, (5) penghargaan, dan (6) keteladanan. Dari keenam poin yang terdapat dalam strategi pembudayaan tersebut, pembiasaan yang sangat efektif. 3) Penanaman karakter yang dilakukan oleh guru profesional di SD Negeri 1 Bonyokan cukup efektif. Sesuai dengan indikator-indikator yang terdapat dalam Permendiknas No. 16 tahun 2007 tentang Strandar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 May 2013 15:39
Last Modified: 04 Sep 2018 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/7639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum