PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP

LATIFAH NURAINI, NIM. 08600091 (2012) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA KELAS VII SMP)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika dengan pendekatan pemecahan masalah sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP pada materi keliling dan luas persegipanjang dan persegi. Modul yang dihasilkan dalam bentuk cetak. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana mengembangkan modul dengan kualitas yang ditentukan dalam tiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan modul yang mengacu model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ini menggunakan langkahlangkah ADDIE, yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data pengembangan dan kualitas modul, yaitu: lembar penilaian modul, angket pendapat siswa, wawancara guru, dan pretest-postest. Pengembangan modul matematika dengan pendekatan pemecahan masalah sebagai sumber belajar siswa kelas VII SMP dilakukan sebagai berikut: analysis ( analisis) meliputi analisis kurikulum, dan analisis situasi pembelajaran; design ( perencanaan) meliputi pengumpulan referensi, menyusun materi, melengkapi unsur-unsur modul, dan merancang layout ( tampilan) ; development ( pengembangan) meliputi pengembangan modul awal, validitas ahli, dan revisi produk;implementation ( implementasi ) meliputi penerapan modul dalam pembelajaran matematika yang diikuti oleh32 siswa kelas VII sebagai kelas uji coba dan pengisian angket pendapat siswa; tahap terakhir adalah evaluation ( evaluasi ) meliputi evaluasi semua tahapan dan revisi kembali berdasarkan hasil evaluasi tersebut hingga mendapatkan produk akhir. Kevalidan ditunjukkan dalam dua aspek yaitu aspek materi yang memperoleh persentase penilaian 75% menunjukkan kategori kualitatif baik ( B ) dan aspek tampilan memperoleh presentase penilaian 79% menunjukkan kategori kualitatif baik ( B ) , maka kualitas kevalidan modul adalah valid.Kepraktisan ditentukan oleh penilaian guru terhadap kepraktisan modul memperoleh persentase penilaian 72% menunjukkan kategori kualitatif baik ( B ) dan modul memperoleh respon positif siswa, maka kualitas kepraktisan modul adalah praktis. Keefektifan dinilai berdasarkan banyak siswa yang lulus KKM sekolah yaitu 78,125% siswa yang menunjukkan keefektifan tinggi. Kata kunci: modul matematika,pendekatan pemecahan masalah, sumber belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Jun 2013 16:51
Last Modified: 25 Jan 2016 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8087

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum