Penerapan QFD (Quality Function Deployment) untuk Pengembangan Kualitas Pelayanan Perpustakaan (Studi kasus Pada UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga)

MUHRISAD DWI PRASETYO, NIM. 08660001 (2013) Penerapan QFD (Quality Function Deployment) untuk Pengembangan Kualitas Pelayanan Perpustakaan (Studi kasus Pada UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Penerapan QFD (Quality Function Deployment) untuk Pengembangan Kualitas Pelayanan Perpustakaan (Studi kasus Pada UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Penerapan QFD (Quality Function Deployment) untuk Pengembangan Kualitas Pelayanan Perpustakaan (Studi kasus Pada UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, dan penelitian bagi para pengguna. Tanpa ada layanan perpustakaan khususnya perpustakaan di Perguruan Tinggi, mahasiswa tidak mudah mendapatkan referensi dan informasi yang akurat, kurangnya koleksi bahan pustaka, tidak akuratnya informasi pada sistem penelusuran bahan pustaka, dan kurangnya kemampuan, serta kurangnya ketanggapan karyawan dalam melayani, akan menimbulkan ketidakpuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang menjadi prioritas target perbaikan kualitas jasa Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, yang berfokus pada keinginan dan kebutuhan pengguna menggunakan Quality Function Deployment. Penggunaan metode Quality Function Deployment berfungsi untuk menjembatani keinginan pengguna dengan tim pengembangan. Quality Function Deployment merupakan metode yang berfokus pada keinginan dan kebutuhan pengguna. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan urutan target yang menjadi prioritas pengembangan perpustakaan adalah mengadakan training “customer services excellent” untuk karyawan (0,13), meningkatkan kerjasama antara bagian pengolahan dan bagian sirkulasi untuk pengecekan bahan pustaka setiap minggu (0,12), mengadakan training “effective speaking and comunicaton” untuk karyawan (0.11), bekerja sama dengan PKSI UIN untuk menambah bandwidth menjadi 1024 Mbps (0,11), meningkatkan kerja sama dengan perpustakaan lain, penerbit dan percetakan untuk menambah koleksi bahan pustaka lebih dari 500 eksemplar (0,10), penilaian terhadap kinerja karyawan dan pemberian penghargaan, yang dilakukan setiap tahun (0,07), penambahan jumlah komputer OPAC yang dilantai 4 sebanyak 5 unit komputer (0,06), menggunakan lampu TL 40 watt untuk ruang perpustakaan (0,05), menetapkan aturan bagi pengguna untuk tidak gaduh apabila berada di ruangan perpustakaan, ukuran kebisingan perpustakaan sebaiknya kurang dari 56 db karena taraf kebisingan untuk ruangan perpustakaan antara 45-55 db (0,05), pengaturan suhu mesin AC dikurangi hingga 16°C -18°C (0,04), penambahan media kritik saran lebih dari 2 unit, yaitu di setiap lantai perpustakaaan dan via online (0,04), menambah jumlah MPS dan MPK 2 Unit (0,04), memperluas area ruang baca seluas 60 m 2 di lantai 2,3,dan 4 (0.03), meningkatkan kerjasama dengan IGroup (pengelola database jurnal internasional) dengan menambahkan 2 unit database e-journal (0.03), material bahan untuk loker, berbahan besi, dengan ukuran per kotak loker 35cmx35cmx45cm dengan ukuran beban muat maksimal 8 kg (0,03). Maka dengan adanya penelitian ini diharapkan akan adanya peningkatan kualitas jasa perpustakaan. Kata Kunci : Quality Function Deployment, Perpustakaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Jun 2013 16:43
Last Modified: 21 Mar 2016 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8134

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum