IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DENGAN BANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 NGLIPAR GUNUNGKIDUL

RITA DWI ASTUTI, NIM. 07680016 (2012) IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DENGAN BANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 NGLIPAR GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DENGAN BANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 NGLIPAR GUNUNGKIDUL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DENGAN BANTUAN MEDIA PICTORIAL RIDDLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 NGLIPAR GUNUNGKIDUL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pendekatan Problem Solving dengan bantuan media Pictorial Riddle merupakan salah satu alternatif mendidik siswa untuk berfikir kritis dan kreatif baik secara fisik dan mental sehingga diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan akhirnya hasil belajar siswa dapat lebih baik pula. Dari pemahaman tersebut, penelitian yang dilakukan di kelas VII A SMP N 1 Nglipar Gunungkidul ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keterlaksanaan penggunaan pendekatan problem solving dengan bantuan media pictorial riddle pada proses pembelajaran IPA biologi; (2) banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan minat belajar dan hasil belajar siswa; (3) peningkatan minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan problem solving dengan bantuan media pictorial riddle pada materi Ciri Dan Klasifikasi Makhluk Hidup. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research/CAR). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP N 1 Nglipar Gunungkidul tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa. Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan oleh keberhasilan peningkatan minat dan hasil belajar siswa. Data minat belajar siswa diperoleh melalui lembar observasi dan angket, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pre-tes dan post-tes. Data minat belajar siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan memaparkan persentase rata-rata minat belajar siswa yang meningkat dari siklus I ke siklus II. Data hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari hasil pre-tes dan post-tes dengan teknik effect size, yaitu membandingkan rerata nilai post-tes siklus I dan rerata nilai post-tes siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan problem solving dengan bantuan media pictorial riddle dapat terlaksana di kelas VII A SMP N 1 Nglipar Gunungkidul. Siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa sebanyak 2 siklus. Penggunaan pendekatan problem solving dengan bantuan media pictorial riddle dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Minat belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 37% pada siklus II. Rata-rata nilai post-tes siklus I adalah 8,009, dan rata-rata nilai post-tes siklus II adalah 8,469. Jadi, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari tiap siklusnya dengan effect size sebesar 0,460. Keyword: Hasil belajar, minat, pictorial riddle dan problem solving.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 14 Jun 2013 17:43
Last Modified: 02 Mar 2016 16:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum