PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS METAKOGNISI PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN GERAK HARMONIK SEDERHANA

AFFA ARDHI SAPUTRI , NIM. 08690043 (2013) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS METAKOGNISI PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN GERAK HARMONIK SEDERHANA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS METAKOGNISI PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN GERAK HARMONIK SEDERHANA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS METAKOGNISI PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN GERAK HARMONIK SEDERHANA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Metakognisi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi akademik, sehingga sangat penting keberadaannya dalam setiap kegiatan belajar siswa. Akan tetapi, kegiatan belajar di kelas terbatas dalam menerapkan metakognisi siswa. Padahal, kemampuan metakognisi yang dimiliki siswa masih rendah. Guru dan siswa membutuhkan media belajar berbasis metakognisi untuk mengatasi keterbatasan penerapan metakognisi di kelas. Salah satu materi yang potensial dikembangkan dengan metakognisi adalah elastisitas dan gerak harmonik sederhana. Berdasarkan kenyataan tersebut dibutuhkan modul fisika berbasis metakognisi yang dapat membantu mengaktifkan metakognisi siswa dan digunakan secara mandiri dengan atau tanpa guru. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan modul fisika berbasis metakognisi pada materi pokok elastisitas dan gerak harmonik sederhana; 2) mengetahui kualitas modul fisika berbasis metakognisi pada materi pokok elastisitas dan gerak harmonik sederhana; dan 3) mengetahui respon siswa terhadap modul fisika berbasis metakognisi pada materi pokok elastisitas dan gerak harmonik sederhana. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model prosedural yang mengadaptasi prosedur pengembangan perangkat model 4-D, yakni define, design, develop, dan disseminate. Instrumen penelitian berupa skala penilaian kualitas modul menggunakan skala Likert yang dibuat dalam betuk checklist. Instrumen untuk respon siswa berupa skala tanggapan siswa menggunakan skala Guttman yang dibuat dalam bentuk checklist. Hasil penelitian ini antara lain: 1) telah dihasilkan modul fisika berbasis metakognisi pada materi pokok elastisitas dan gerak harmonik sederhana; 2) kualitas modul fisika berbasis metakognisi pada materi pokok elastisitas dan gerak harmonik sederhana adalah sangat baik ( SB ) dengan persentase 93,75% berdasarkan ahli materi, 95,63% berdasarkan ahli media, dan 80,25% berdasarkan guru fisika SMA/MA; 3) respon siswa terhadap modul fisika berbasis metakognisi pada materi pokok elastisitas dan gerak harmonik sederhana mencapai persentase sebesar 87,58% pada uji coba terbatas dan 82,99% pada uji coba luas. Kata Kunci: modul fisika, metakognisi, elastisitas dan gerak harmonik sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2013 18:22
Last Modified: 02 Feb 2016 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8801

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum