UPAYA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK KELAS VIIC MELALUI METODE DEMONSTRASI DI MTs WAHID HASYIM BALUNG – JEMBER

ANA MUMAYYIZAH, NIM. 09410226 (2013) UPAYA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK KELAS VIIC MELALUI METODE DEMONSTRASI DI MTs WAHID HASYIM BALUNG – JEMBER. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK KELAS VIIC MELALUI METODE DEMONSTRASI DI MTs WAHID HASYIM BALUNG – JEMBER )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK KELAS VIIC MELALUI METODE DEMONSTRASI DI MTs WAHID HASYIM BALUNG – JEMBER )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui tingkat religiusitas peserta didik kelas VII C baik sebelum melaksanakan metode demonstrasi maupun setelah melaksanakan metode demonstrasi serta pelaksanaan metode demonstrasi dalam meningkatkan religiusitas peserta didik kelas VII C di MTs Wahid Hasyim Balung Jember. Penelitian ini merupakan penellitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas VII C. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara diskriptif-analitik yaitu menganalisis semua data pada penelitian ini. Untuk menguji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi baik triangulasi teknik, sumber, maupun waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat dipilih sebagai pengganti metode ceramah, yang cenderung membosankan dengan tujuan peserta didik ikut berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran dan juga dapat lebbih memahami materi yang disampaikan. Karena peserta didik tidak hanya mengetahui secara teori tapi langsung pada praktiknya. Metode demonstrasi juga dapat meningkatkan religiusitas peserta didik khususnya kelas VII C MTs Wahid Hasyim Balung Jember terbukti dengan hasil tes religiusitas yang mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode demonstrasi yaitu sebelum penerapan mendapat nilai 69,2 dan setelah penerapan mendapat nilai 78,9.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2013 09:02
Last Modified: 28 Jul 2017 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9137

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum