STUD1 TENTANG PENGAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DI MTS PONDOK PESANTREN HUBBULLAH TAPA GORONTALO

ABDUL WARIS MOBONGGI, NIM: 97423597 (2003) STUD1 TENTANG PENGAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DI MTS PONDOK PESANTREN HUBBULLAH TAPA GORONTALO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUD1 TENTANG PENGAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DI MTS PONDOK PESANTREN HUBBULLAH TAPA GORONTALO)
BAB I. IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (STUD1 TENTANG PENGAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DI MTS PONDOK PESANTREN HUBBULLAH TAPA GORONTALO)
BAB II. III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan di Pondok Pesantren Hubullah Tapa Gorontalo selama kurang lebih dua bulan dan dari data yang telah diolah dan dianalisa secara mendalam, maka akhirnya &pat ditarik kesimpulan yang menjadi jawaban dari suatu rumusan masalah yang ada. Berikut adalah kesimpulan yang dapat penulis paparkan. 1. Pelaksanaan pengl- ketera ilan menulis bahasa Arab di Pondok Pesantren Hubullah Tapa Gorontalo adalah sebagi seba-g i berikut : Guru masuk kelas guru mdasuk kel1as membe rikan prolog dan menenuan materi huruf yang akan dtulis, Guru menulis di papan tulis huruf yang sudah ditentukan, Guru menulis kaida serta menerangkannya, Guru menyuruh siswa menulis atau menirukan persis yang ada di papan tulis, Guru mengoreksi hasil tulisan siswa sarnbil memperbaikinya, Guru menyuruh kembali siswa sekali lagi untuk menuliskan, dengan huruf yang sama, Guru memberi tugas yang harus dikerjakan di kamar masingmasing. 2. Ada pun materi dan metode pengajaran keterampilan menulis bahasa Arab di Pondok Pesantren Hubullah Tapa Gorontalo antara lain: Menulis ayat - ayat pendek atau mahfuzhat dengan jenis tulisan Khat Naskh untuk kelas I MTs dan khat Rig 'ah untuk kelas I1 dan I11 MTs. Adapun metode pengajaran keterampilan menulis bahasa Arab di Pondok Pesantren Hubdlah Tapa Gorontalo menggunakan metode Tradisional, indikasi dari metode ini adalah pengarahan terhadap kaidah atau gramatika dan aktifitas menulis disamping juga membaca. Sedangkan kendala yang dihadapi siswa mau pun guru dalam proses kU pengajaran eterampilan menulis bahasa Arab di Pondok Pesantren Hubullah Tapa Gorontalo sebagai mana yang telah penulis paparkan di bab. III antara lain: Jam mata pelajaran untuk materi Khat kurang, Kurang minatnya para siswa terhadap materi ini, kecuali jika diberitahu adanya kejuaraan-kejuaraan tentang kaligrafi, Kurangnya rasa kompotitif antar para siswa, sehingga mengurangi minat dalam memperdalam keterampilan ini. Ketidak tahuan siswa tentang huruf Hija'iyah, (untuk siswa -pernula) terutama penulisan huruf yang berada di awal, tengah dan akhir kalimat. & Kurangnya perbendaharaan kata, sehingga menyulitkan siswa pada saat guru memberikan materi. Dengan adanya kekurangan atau kendala itu, maka para guru-guru mengambil inisiatif untuk menanggulanginya dengan cara menambah jadwal materi di luar jam pelajaran formal. Hal ini menujukkan perhatian yang besar terhadap keterampilan menulis itu sendiri. Di antara solusi itu adalah pemberian tugas sesering mungtun kepada siswa dan mengadakan pengajian dengan menggunakan kitab-kitab dasar sambil melatih indra siswa dan membuat sanggar seni kaligrafi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Achmad Warid M.Ag
Uncontrolled Keywords: keterampilan, menulis, bahasa arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 27 Nov 2013 10:10
Last Modified: 27 Nov 2013 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9590

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum