PENGARUH INFORMASI LAPORAN KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERMASUK DI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2008-2010

SYAIFUL IBRAHIM, NIM. 08390012 (2012) PENGARUH INFORMASI LAPORAN KEUANGAN TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERMASUK DI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) PERIODE 2008-2010. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Laporan keuangan merupakan laporan akuntansi utama yang mengkomunikasikan informasi keuangan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan ekonomi. Laporan keuangan menggambarkan kondisi keuangan dan hasil usaha suatu perusahaan pada saat tertentu atau jangka waktu tertentu. Bagi para analis dan investor, laporan keuangan merupakan media yang paling penting untuk menilai prestasi dan kondisi ekonomis suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi.kepada para investor untuk menentukan investasi mana yang layak bagi para investor untuk berinvestasi. Selain itu penelitian ini juga mengkaji mengenai pengaruh variabel dan alat ukur yang terdiri dari total aset, laba, dan leverage ratio terhadap return saham pada perusahaan manufaktur yang termasuk di Daftar Efek Syariah (DES) periode 2008-2010. Penelitian ini termasuk kategori penelitian pustaka. Penelitian ini menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh total aset, laba, dan leverage ratio secara parsial dan simultan terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di DES. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang termasuk di DES periode 2008 -2010 yang telah mempublikasikan laporan keuangannya. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah return saham sedangkan variabel independennya adalah total aset, laba, dan leverage ratio. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui website resmi perusahaan-perusahaan yang dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini, pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Islam Indonesia (UII), pojok Bursa Efek Indonesia Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Indonesian Capital Market Directory (ICMD), media cetak dan elektronik. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan total aset, laba, dan leverage ratio memiliki pengaruh terhadap return saham sebesar 17.7%. Sedangkan secara parsial, hanya variabel laba yang berpengaruh positif signifikan terhadap return saham (sig. t 0.032 < 0.05). Sementara itu variabel yang tidak berpengaruh adalah total aset (sig. t 0.302 > 0.05), dan leverage ratio (sig. t 0.294 > 0.05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: total aset, laba, leverage ratio, return saham, dan des
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 10 Mar 2014 11:38
Last Modified: 26 Sep 2016 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10044

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum