PENGARUH KEMAMPUAN MUHADASAAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR TAMRĪN LUGAH KELAS VIII DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA

DIAN PUSPA DEWI, NIM.08420034 (2012) PENGARUH KEMAMPUAN MUHADASAAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR TAMRĪN LUGAH KELAS VIII DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Dian Puspa Dewi, 08420034, Pengaruh Kemampuan Muhadasaah Terhadap Prestasi Belajar Tamrīn Lugah Kelas VIII di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Muhadasaah dan prestasi belajar Tamrīn Lugah kelas VIII di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta serta pengaruh kemampuan Muhadasaah terhadap prestasi belajar Tamrīn Lugah kelas VIII A di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta. Namun, penulis hanya menggunakan sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas VIII A. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata hitung Muhadasaah dan prestasi belajar Tamrīn Lugah menggunakan rumus Mx= . Sedangkan untuk menguji hipotesis, penulis menggunakan rumus uji parametik dengan menggunakan rumus product moment dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan Muhadasaah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta berjalan efektif karena dilaksanakan secara konsisten dan kontinue, sehingga nilai Muhadasaah mereka berkategorikan baik. Hal ini terbukti dari tes lisan yang diadakan penulis, yaitu dengan rata-rata nilai 7,5. 2) Prestasi belajar Tamrīn Lugah peserta didik kelas VIII A di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri termasuk dalam kategori baik. Hal ini terbukti dengan mendapatkan rata-rata nilai UTS Tamrīn Lugah yaitu 7,75. 3) Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis, disimpulkan bahwa “ terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan Muhadasaah terhadap prestasi belajar Tamrīn Lugah peserta didik kelas VIII A di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Yogyakarta ”. Hal ini ditunjukkan dengan diperoleh angka rhitung 0,539 yang berarti lebih besar dari rtabel 0,444 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mahadasah, pretasi belajar, tamrin lugah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 13:03
Last Modified: 07 Apr 2017 12:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum