IMPLEMENTASI METODE NYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA

SITI MAIMUNAH, NIM. 09420196 (2013) IMPLEMENTASI METODE NYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE NYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE NYANYI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT SISWA MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah hasil observasi yang menunjukkan bahwa penguasaan mufrodat siswa kelas i’dad A Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri masih sangat rendah. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas i’dad A Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri masih banyak sekali siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Guru juga enggan untuk memakai metode tertentu dalam menyampaikan pembelajaran bahas Arab sehingga guru cenderung menyamaratakan kemampuan siswa yang ada di dalam kelas. Masih banyak siswa yang tidak memperhatikan guru menjelaskan materi di depan. Selain itu, raut muka siswa yang terlihat jenuh, mengantuk, bosan, tidak bersemangat dan tentunya menghambat guru dalam menyampaikan materi. Siswa susah mengingat kata mufrodat yang tersusun dalam kalimat yang sempurna. Akibatnya penguasaan mufrodat siswa masih rendah yang berpengaruh kepada hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus, setiap siklusnya terdiri dari 3 (tiga) pertemuan yaitu 2 (dua) kali tatap muka dan satu kali tes. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari lapangan, penulis menggunakan metode analisa deskriptif kualitatif. Sedangkan data kuantitatif digunakan untuk mengetahui peningkatan penguasaan mufradat siswa kelas i’dad A dalam pembelajaran bahasa Arab dilihat dari hasil tes penguasaan mufrodat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode nyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan penguasaan mufrodat siswa. Hal ini dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan antara nilai pada pra penelitian, siklus I dan siklus II. Peningkatan nilai itu dilihat dari rata-rata dari 6 pada pra penelitian menjadi 7.14 pada siklus I dan menjadi 8.57 pada siklus II. Data tersebut juga diperkuat dengan nilai terendah dan tertinggi yang meningkat serta presentase ketuntasan yang sangat memuaskan mencapai 100 %. Dari hasil penelitian yang telah didapatkan, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode nyanyi pada kelas i’dad A Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede berhasil dilaksanakan dengan tercapainya indikator keberhasilan. Selain itu, dengan data yang diperoleh dalam penelitian dapat menjawab indikator yang telah ditetapkan dan menyimpulkan bahwasannya penelitian ini berhasil dengan bukti data-data yang ada. Kata kunci: Metode nyanyi, pembelajaran bahasa Arab dan penguasaan mufrodat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: R. Umi Baroroh, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode nyanyi, pembelajaran bahasa Arab dan penguasaan mufrodat
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Feb 2014 08:27
Last Modified: 03 May 2017 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10271

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum