STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN MEMBACA ARAB DI KELAS VII MTS NEGERI MAGUWOHARJO

YUYUN HIMATUL MAULANI , NIM : 08420088 (2012) STRATEGI GURU BAHASA ARAB DALAM MENGATASI SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN MEMBACA ARAB DI KELAS VII MTS NEGERI MAGUWOHARJO. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Yuyun Himatul Maulani (Strategi Guru Bahasa Arab dalam Mengatasi Siswa yang Mengalami Kesulitan Membaca Arab di Kelas VII MTs Negeri Maguwoharjo); Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru bahasa Arab dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan membaca Arab di kelas VII MTs Negeri Maguwoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah strategi guru bahasa Arab kelas VII MTs Negeri Maguwoharjo. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga cara, yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses observasi peneliti lakukan dengan mengamati proses pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di kelas VII MTs Negeri Maguwoharjo. Peneliti mengamati semua aktifitas yang terjadi di dalam kelas secara berlangsung. Baik itu aktifitas guru maupun aktifitas siwa. Sedangkan untuk data-data tentang pembelajaran yang tidak bisa peneliti dapatkan dengan cara observasi, peneliti menggunakan cara lain yaitu wawancara langsung dengan beberapa informan yang berkompeten dengan data atau informasi yang peneliti butuhkan. Diantara informan yang peneliti wawancarai adalah guru bahasa Arab, Kepala Sekolah, bagian Tata Usaha (TU) dan beberapa orang siswa. Untuk data-data yang bersifat dokumen, peneliti menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru bahasa Arab dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan membaca Arab di kelas VII MTs Negeri Maguwoharjo adalah: (1) bimbingan kolektif (2) mengeja (3) reading aloud (4) true or false (5) peer lesson (6) word search (7) tugas rumah (8) metode drill (9) topical review (10) pemberian motivasi. Dari berbagai strategi yang telah digunakan oleh guru bahasa Arab tersebut, siswa kelas VII MTs Negeri Maguwoharjo sudah mulai memiliki kemampuan membaca yang lebih baik daripada sebelumnya, walaupun dengan terbata-bata. Kesimpulan tersebut peneliti tarik dari data-data hasil penelitian yang menunjukan bahwa untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan membaca Arab di kelas VII MTs Negeri Maguwoharjo dengan menggunakan strategistrategi tersebut telah berjalan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Asrori Saud, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi, Bahasa Arab, Membaca
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Mar 2014 15:44
Last Modified: 17 Apr 2017 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum