FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERMASUK DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2009-2011

KHOIRUL UMAM , NIM. 08390139 (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERMASUK DI DAFTAR EFEK SYARIAH TAHUN 2009-2011. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)

Abstract

Isu tentang pengungkapan tanggung jawab sosial berkembang dengan cepat. Penelitian tentang pengungkapan tanggung jawab sosial menghasilkan temuan yang berbeda. ketidakpastian dan ketidakkonsistenan dari hasil yang diperoleh, maka hal ini memotivasi peneliti untuk meneliti kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur yang termasuk di Daftar Efek Syariah (DES) tahun 2009-2011. Variabel-variabel independen dalam peneliti ini adalah size perusahaan, dewan komisaris, leverage perusahaan, profitabilitas, likuiditas, dan kepemilikan manajemen. Sedangkan variabel independennya adalah pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan(Corporate Sosial Responsibility/CSR). Sampel penelitian ini adalah sebanyak 11 perusahaan manufaktur. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data ICMD dan catatan laporan tahunan perusahaan manufaktur yang termasuk dalam DES selama tahun 2009-2011. Untuk menjelaskan pengaruh keenam variabel tersebut terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial peruasahaan, maka data yang diperoleh dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel dewan komisaris dapat mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan secara positif dan signifikan. Sedangkan variabel size perusahaan, leverage perusahaan, profitabilitas, likuiditas, dan kepemilikan manajemen tidak dapat berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Berdasarkan uji determinasi, besarnya nilai Adjusted R Square sebesar 74,4%. Hal ini berarti variasi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dapat dijelaskan oleh variasi dari keenam variabel yang berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Sedangkan sisanya 25,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Syafiq. M. Hanafi, S.Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: CSRDisclausure, size perusahaan, dewan komisaris, leverage perusahaan, profitabilitas, likuiditas, dan kepemilikan manajemen.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:36
Last Modified: 29 Aug 2016 16:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10552

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum