ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI KONDISI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH

TATI SALTRIAH, NIM. 08390042 (2012) ANALISIS RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI KONDISI FINANCIAL DISTRESS PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARIAH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)

Abstract

Memprediksi kondisi financial distress merupakan faktor yang paling penting sebelum melakukan investasi atau menanamkan modal pada suatu perusahaan karena dengan mengetahui kondisi financial distress suatu perusahaan sejak dini, maka dapat dilakukan tindakan untuk mengantisipasi kondisi yang mengarah pada kebangkrutan. Sehingga potensi kerugian yang dihadapi dapat diminimalisir. Penelitian ini berguna untuk menguji kemampuan rasio keuangan. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif, yaitu data yang diukur dengan skala numerik (angka). Adapun variabel independen dalam penelitian ini adalah perputaran aktiva tetap, perputaran total aktiva, rasio hutang, profit margin, retrun on asset. Sedangkan kondisi financial distress adalah variabel dependennya. Untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa, perputaran total aktiva dan profit margin berpengaruh terhadap kondisi financial distress. Adapun koefisien determinasi Adjuated R 2 sebesar 0,400 yang berarti kondisi financial distress perusahaan property dan real estate mampu dijelaskan oleh variabel independen sebesar 40% dan sisanya sebesar 60% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sunarsih, Se.M.Si
Uncontrolled Keywords: financial distress, rasio keuangan, perputaran aktiva tetap, perputaran total aktiva, rasio hutang, profit margin, retrun on asset.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:55
Last Modified: 27 Sep 2016 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10711

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum