PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA N 9 PURWOREJO

DWI YULI CRISTIYANTI, NIM. 07680033 (2012) PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA UNTUK SISWA KELAS XI SEMESTER II SMA N 9 PURWOREJO. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar biologi berbasis macromedia flash 8 pada Materi Pokok Sistem Saraf Manusia untuk siswa kelas XI semester II SMA N 9 Purworejo, mengetahui masukan dari para ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, serta untuk mengetahui kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian 2 guru biologi dan 15 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development) dengan model pengembangan prosedural. Prosedur penyusunan bahan ajar berbasis macromedia flash 8 terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development and Production, Validasi Desain, dan Uji Coba Produk. Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kualitas bahan ajar berbasis macromedia flash 8 ini yaitu menggunakan lembar angket. Lembar angket untuk guru biologi mencakup beberapa aspek yaitu meliputi aspek materi, teknik penyajian materi, evaluasi, bahasa, grafika, kemudahan pengoperasian, strategi/metode, ilustrasi, dan keterlaksanaan. Angket untuk siswa meliputi aspek minat terhadap bahan ajar, penguasaan materi, bahasa, dan tampilan. Kualitas bahan ajar dinilai oleh 2 guru biologi dan 15 siswa kelas XI SMA N 9 Purworejo melalui ujicoba terbatas. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian yang pertama yaitu telah berhasil disusun bahan ajar berbasis macromedia flash 8 pada Materi Sistem Saraf Manusia. Hasil penilaian yang kedua yaitu mengetahui masukan-masukan dari para ahli. Hasil penelitian yang ketiga yaitu mengetahui kualitas bahan ajar melalui uji coba terbatas yang terdiri dari 2 orang guru biologi dan 15 siswa SMA N 9 Purworejo menunjukkan bahan ajar biologi berbasis macromedia flash 8 yang telah disusun mempunyai kualitas Sangat Baik (SB). Berdasarkan penilaian guru biologi dan siswa tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis macromedia flash 8 tersebut layak digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Suhardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar , Macromedia Flash 8, Sistem Saraf Manusia
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:03
Last Modified: 02 Mar 2016 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10820

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum