ANALISIS PENGARUH KELOMPOK REFERENSI, RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI NASABAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERASURANSI SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA R.O UTAMY AGENCY YOGYAKARTA)

FAHMIRRIANDA RAMADHAN, NIM. 09390120 (2013) ANALISIS PENGARUH KELOMPOK REFERENSI, RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI NASABAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERASURANSI SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA R.O UTAMY AGENCY YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH KELOMPOK REFERENSI, RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI NASABAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERASURANSI SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA R.O UTAMY AGENCY YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH KELOMPOK REFERENSI, RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI NASABAH DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERASURANSI SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT. ASURANSI TAKAFUL KELUARGA R.O UTAMY AGENCY YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (597kB)

Abstract

Asuransi syariah harus beroperasi sesuai dengan prinsip syariat islam dengan cara menghilangkan sama sekali kemungkinan terjadinya unsur-unsur gharar, maysir, dan riba. Akad dalam asuransi syariah yaitu pemyataan untuk mengikatkan diri (shighat al-aqd), pihalc-pihak yang berakad (al-muta'aqidain) dan obyek akad (al-ma'qudalaih). Shighat al-aqd ini diwujudkan melalui ijab dan qabul. Dalam pengambilan keputusan memilih asuransi syariah banyak faktor yang mempengaruhinya baik faktor ekstemal maupun internal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kejelasan tentang besamya pengaruh kelompok referensi, religiusitas dan motivasi terhadap pengambilan keputusan untuk memilih asuransi syariah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif yaitu data yang digunakan dalam penelitian berupa angka-angka (numerik). Populasi sekaligus sampel dari penelitian inl adalah nasabah PT. Asuransi Takaful Keluarga R.O. UTAMY AGENCY Yogyakarta. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelompok referensi, religiusitas dan motivasi. Sedangkan pengambilan keputusan merupakan variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok referensi, religiusitas dan motivasi berpengaruh simultan secara signifikan terhadap pengambilan keputusan oleh nasabah. Sedangkan pengujian secara parsial kelompok referensi, religiusitas dan motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan oleh nasabah di asuransi syariah. Kata kunci: Kelompok Referensi, religiusitas, Motivasi dan Pengambilan Keputusan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: JOKO SETYONO, SE., MSi.
Uncontrolled Keywords: Kelompok Referensi, religiusitas, Motivasi dan Pengambilan Keputusan
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2014 09:42
Last Modified: 26 Sep 2016 11:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10925

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum