PENGARUH MOTIVASI RASIONAL, MOTIVASI EMOSIONAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PENYERTAAN MUSYARAKAH (STUDI KASUS BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA)

MIFTACHUL MA’ARIF, NIM. 09390153 (2013) PENGARUH MOTIVASI RASIONAL, MOTIVASI EMOSIONAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PENYERTAAN MUSYARAKAH (STUDI KASUS BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MOTIVASI RASIONAL, MOTIVASI EMOSIONAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PENYERTAAN MUSYARAKAH (STUDI KASUS BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MOTIVASI RASIONAL, MOTIVASI EMOSIONAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI PENYERTAAN MUSYARAKAH (STUDI KASUS BMT BINA IHSANUL FIKRI YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (905kB)

Abstract

Investasi penyertaan musyarakah merupakan salah satu investasi saham kepemilikan yang akad perjanjiannya mendasarkan pada prinsip syirkah atau musyarakah. Peningkatan kepemilikan penyertaan musyarakah menjadi alasan diangkatnya penelitian ini. Disamping itu, prinsip pengelolaan keuangan syariah yang cenderung bergerak dibidang riil dan rasional mendorong untuk menguji apakah pada kenyataannya prinsip syariah tersebut telah dilakukan sebagaimana mestinya. Sehingga diharapkan ada sinkronisasi antara teori dan prakteknya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel Motivasi Rasional, Motivasi Emosional, dan Promosi terhadap Keputusan Investasi Penyertaan Musyarakah di BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling yang dihitung melalui rumus Slovin. Selanjutnya analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS 16,0 for windows. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel motivasi rasional, motivasi emosional dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi penyertaan musyarakah di BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta. Secara parsial variabel motivasi emosional dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan investasi penyertaan musyarakah di BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta, sedangkan variabel motivasi rasional berpengaruh negatif terhadap keputusan investasi penyertaan musyarakah di BMT Bina Ihsanul Fikri Yogyakarta. Hasil pengujian ini menghasilkan koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,542, Artinya 54,2% variasi Keputusan Investasi Penyertaan Musyarakah di BMT Bina Ihsanul Fikri dapat dijelaskan oleh tiga variabel independen yang meliputi Motivasi Rasional, Motivasi Emosional dan Promosi. Sisanya 45,8% (100% - 54,2%) dijelaskan oleh variabel lain diluar model regresi. Kata kunci: Motivasi Rasional, Motivasi Emosional, Promosi, Keputusan Investasi, Penyertaan Musyarakah, Saham Syariah, Keputusan Konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: JOKO SETYONO, SE, M.SI
Uncontrolled Keywords: Motivasi Rasional, Motivasi Emosional, Promosi, Keputusan Investasi, Penyertaan Musyarakah, Saham Syariah, Keputusan Konsumen.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Mar 2014 13:26
Last Modified: 26 Sep 2016 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10944

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum