PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH CS4 UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X PADA SUB MATERI POKOK BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA

ADITIYA PURNAMA, NIM. 08680054 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH CS4 UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X PADA SUB MATERI POKOK BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH CS4 UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X PADA SUB MATERI POKOK BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS ADOBE FLASH CS4 UNTUK SISWA SMA/MA KELAS X PADA SUB MATERI POKOK BRYOPHYTA DAN PTERIDOPHYTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS4 untuk siswa SMA/MA Kelas X pada sub materi pokok bryophyta dan pteridophyta, (2) Mengetahui kualitas media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS4 sehingga layak digunakan dalam pembelajaran biologi untuk siswa SMA/MA kelas X. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Namun, pada penelitian ini hanya mencakup sampai tahap ADDE. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angket yang mencakup aspek yaitu kebenaran dan keluasan konsep, kebahasaan, tampilan, keterlaksanaan dan evaluasi belajar. Kualitas media pembelajaran dinilai oleh reviewer (1 ahli media, 1 ahli materi, dan 5 peer reviewer, 2 guru biologi). Uji coba terbatas melalui respon dari 15 siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan Yogyakarta. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif berdasarkan kategori penilaian ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS4 yang dikembangkan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Berdasarkan penilaian oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, dan guru menunjukkan bahwa kualitas media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS4 termasuk kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 87,69%, sedangkan respon siswa termasuk kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 84%. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi berbasis Adobe Flash CS4 pada sub materi bryophyta dan pteridophyta layak digunakan dalam pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dian Noviar, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media, Pembelajaran, Adobe Flash CS4, Bryophyta, Pteridophyta.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2014 08:24
Last Modified: 04 Mar 2016 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10972

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum