PENGARUH STRATEGI POSTER SESSION DAN GROUP RESUME TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI DAUR BIOGEOKIMIA

DETU MAHARANI PUSPITA SARI, NIM. 09680023 (2014) PENGARUH STRATEGI POSTER SESSION DAN GROUP RESUME TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI DAUR BIOGEOKIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI POSTER SESSION DAN GROUP RESUME TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI DAUR BIOGEOKIMIA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (928kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI POSTER SESSION DAN GROUP RESUME TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI DAUR BIOGEOKIMIA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengaruh strategi Poster Session dan Group Resume terhadap minat dan hasil belajar biologi pada materi daur biogeokimia. (2) mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan strategi Poster Session dan Group Resume dalam pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental. Desain penelitiannya nonequivalent control group design. Variabel bebas penelitian ini yakni strategi pembelajaran poster session dan group resume, variabel terikat yakni hasil belajar kognitif dan minat belajar biologi, variabel kontrol yakni materi, waktu, kelas, dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah 258 siswa kelas X SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Kelas XC sebagai kelas eksperimen dan kelas XD sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test, mann whitney u-test, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) strategi pembelajaran poster session dan group resume lebih berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, media power point, handout, dan LKS dengan nilai sig 0,00 > 0,05. (2) strategi pembelajaran poster session dan group resume tidak berpengaruh terhadap minat belajar biologi dibandingkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, media power point, handout, dan LKS dengan nilai sig 0,883 > 0,05. (3) penerapan strategi pembelajaran poster session dan group resume mendapat tanggapan positif dari siswa dengan persentase 62,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Eka Sulistyowati, S.Si., M.A., M.IWM.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Poster Session, Group Resume, Hasil Belajar Kognitif Biologi, Minat Belajar Biologi, Tanggapan.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Mar 2014 09:10
Last Modified: 17 Mar 2016 17:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum