PENCIPTAAN BI’AH LUGAWIYYAH MELALUI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AL-KALĀM DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB ANGKATAN TAHUN 2011/2012)

YUNIAR EKA RUSTIKA, NIM. 10420038 (2014) PENCIPTAAN BI’AH LUGAWIYYAH MELALUI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AL-KALĀM DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB ANGKATAN TAHUN 2011/2012). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENCIPTAAN BI’AH LUGAWIYYAH MELALUI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AL-KALĀM DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB ANGKATAN TAHUN 2011/2012) )
BAB I, IV, DAFTARB PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENCIPTAAN BI’AH LUGAWIYYAH MELALUI OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AL-KALĀM DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA (STUDI KASUS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB ANGKATAN TAHUN 2011/2012) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Yuniar Eka Rustika, Upaya Penciptaan Bi’ah Lugawiyyah Melalui Optimalisasi Pembelajaran Al-Kalam di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan PBA Angkatan Tahun 2011/2012). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keaktifan mahasiswa jurusan PBA angkatan tahun 2011/2012 dalam mengoptimalkan pembelajaran Al-Kalam dan upaya dosen dalam menciptakan aktivitas berbahasa Arab saat pembelajaran Al-Kalam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berupa penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan subyek penelitian mahasiswa jurusan PBA angkatan tahun 2011/2012 dan dosen Al-Kalam di jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan bersifat deskriptif. Dalam analisa data tersebut dimulai dengan menelaah data, setelah data terhimpun kemudian diklarifikasikan dan dianalisis isinya, kemudian diinterpretasikan dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan mahasiswa dalam mengoptimalkan pembelajaran Al-Kalam dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan mahasiswa. Mayoritas mahasiswa yang mampu mengoptimalkan pembelajaran Al-Kalam dan ikut berperan aktif dalam pembelajaran Al-Kalam adalah mahasiswa yang latar belakang pendidikannya dari pondok bahasa. (2) Upaya dosen untuk menciptakan aktivitas berbahasa Arab saat pembelajaran Al-Kalam adalah dengan mewajibkan dirinya dan para mahasiswa untuk berkomunikasi dengan bahasa Arab selama kegiatan pembelajaran Al-Kalam berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Ahmad Janan Asifuddin, MA
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 11:04
Last Modified: 26 Jul 2017 13:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11193

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum