STRATEGI ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA (STUDI EKSPERIMEN UNTUK SISWA KELAS XI PROGAM KEAGAMAAN DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014

HARUMALIA KAMASITA, NIM. 10420026 (2014) STRATEGI ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA (STUDI EKSPERIMEN UNTUK SISWA KELAS XI PROGAM KEAGAMAAN DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA (STUDI EKSPERIMEN UNTUK SISWA KELAS XI PROGAM KEAGAMAAN DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA (STUDI EKSPERIMEN UNTUK SISWA KELAS XI PROGAM KEAGAMAAN DI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/ 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan keterampilan berbicara siswa yang pembelajaranya menggunakan strategi role play dan tanpa menggunakan strategi role play dan juga mengetahui ada atau tidaknya peningkatan keterampilan berbicara siswa yang pembelajaranya menggunakan strategi role play. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan non equivalent control group design. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI program keagamaan di MAN Tempel Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 25 siswa. Dalam penelitian para siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang di beri perlakuan dengan menggunakan strategi role play dan kelompok kontrol sebagai pembanding yang diberi perlakuan tanpa menggunakan strategi role play. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan test. Untuk perhitungan analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian yang didasarkan pada analisis statistik menunjukan bahwa uji T postest antara kelompok kontrol dan eksperimen didapatkan nilai Sig = 0,003< 0,05 (Ha diterima) yang artinya terdepat perbedaan yang signifikan antara nilai keterampilan berbicara kelompok kontrol dan eksperimen. Hal tersebut juga diperjelas dengan hasil nilai tt > to = 3,364> 2,068 dan 3,364 > 2,807(Ha diterima) yang artinya juga terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai keterampilan berbicara kelompok kontrol dan eksperimen. Sedangkan uji T nilai pretest dan postest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig = 0,000< 0,05 (Ha diterima), yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada nilai keterampilan berbicara siswa di kelompok eksperimen. Hal tersebut juga diperjelas dengan hasil nilai tt > to = 10,907 > 2,2 dan 10,907 > 3,1 (Ha diterima) yang artinya juga terdapat peningkatan yang signifikan pada nilai keterampilan berbicara siswa di kelompok eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Mar 2014 12:56
Last Modified: 31 May 2017 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum