ANALISIS PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, TINGKAT LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE PERUSAHAAN TERHADAP RISIKO INVESTASI (BETA) SAHAM YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH

NAILATUN NI’MAH, NIM. 08390059 (2014) ANALISIS PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, TINGKAT LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE PERUSAHAAN TERHADAP RISIKO INVESTASI (BETA) SAHAM YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, TINGKAT LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE PERUSAHAAN TERHADAP RISIKO INVESTASI (BETA) SAHAM YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA, TINGKAT LIKUIDITAS, PROFITABILITAS DAN LEVERAGE PERUSAHAAN TERHADAP RISIKO INVESTASI (BETA) SAHAM YANG MASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARIAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dalam teori investasi disebutkan bahwa setiap sekuritas tidak hanya menghasilkan return tetapi juga risiko. Return merupakan tingkat pengembalian dari nilai investasi yang diharapkan oleh investor, sedangkan risiko adalah perbedaan antara return yang diharapkan dengan return realisasi suatu sekuritas. Risiko ini dapat disebabkan dari faktor ekonomi mikro maupun faktor ekonomi makro. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji mengenai indikator ekonomi makro yang terdiri dari tingkat suku bunga dan faktor ekonomi mikro yang terdiri dari current ratio, earning per share, dan debt to total asset ratio terhadap risiko investasi (beta) saham perusahaan manufaktur yang masuk dalam Daftar Efek Syariah. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel tingkat suku bunga, tingkat, current ratio, earning per share, dan debt to total asset ratio secara parsial dan simultan terhadap Risiko Investasi (beta) Saham. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang masuk dalam Daftar Efek Syariah tahun 2007-2009. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah tingkat suku bunga, current ratio, earning per share dan debt to total asset ratio, sedangkan variabel dependennya adalah beta saham syariah. Untuk mengetahui pengaruh secara simultan digunakan uji F dan untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan tingkat suku bunga, current ratio, earning per share dan debt to total asset ratio mempunyai pengaruh terhadap beta saham syariah sebesar 22,5%. Sedangkan sisanya (100-22,5% = 77,5%) dijelaskan oleh variabal lain yang tidak dimasukkan dalam model persamaan regresi. Secara parsial, variabel tingkat suku bunga dan debt to total asset ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap beta saham dengan tingkat sign.t 0,001< 0,050 dengan koefisien sebesar -3,710 untuk tingkat suku bunga dan sig.t 0,027< 0,05 dengan koefisien sebesar -2,284 untuk debt to total asset ratio. Sedangkan variabel current ratio dan earning per share tidak berpengaruh terhadap beta saham dengan tingkat sign.t sebesar 0,156 > 0,050 dengan koefisien sebesar -1,441 untuk current ratio dan sign.t 0,516> 0,050 dengan koefisien sebasar 0,654 untuk earning per share.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibnu Qizam, SE, M.Si, Akt.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Beta, tingkat suku bunga, current ratio, earning per share, dan debt to total asset ratio.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2014 11:28
Last Modified: 27 Sep 2016 15:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11421

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum