MANAJEMEN KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK ’AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) KEMBARAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

YOSI PRASETYO UTOMO, NIM. 09240024 (2014) MANAJEMEN KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK ’AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) KEMBARAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK ’AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) KEMBARAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK ’AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL (ABA) KEMBARAN TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam pendidikan, manajemen menduduki peran serta posisi yang sangat penting dimana manajemen dipandang sebagai serangkaian kegiatan atau proses akan mencakup bagaimana cara meningkatkan kinerja guru dan peranan guru dalam mengintegrasikan berbagai sumber untuk mencapai tujuan oerganisasi yang telah dirancang. Disamping itu selain kegiatan manajemen pelaksanaan pendidikan tentunya tidak terlepas dari beberapa komonen-komponen pendukung adalah guru sebagai pengajar dan guru sebagai pembimbing, dimana guru juga memberikan peniaian terhadap kegiatan manajemen sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui bagaimana kinerja guru pada Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kembaran Tamantiro Kasihan Bantul Yogyakarta. 2) Mengetahui bagaimana dalam meningkatkan kinerja guru Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. 3) Mengetahui peranan guru dalam pendidikan di Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kembaran Tamantiro Kasihan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat-kalimat yang dipisahkan menurut katagori untuk memperoleh kesimpulan. Pengumpulan data menggunakan interview dengan kepala sekolah Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal(ABA) Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta, metode observasi dengan mengamati kelas dan tugas guru Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kembaran Tamantiro Kasiahan Bantul Yogyakarta, metode dokumentasi yaitu mencari data berupa dokumen dan makalah tentang Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kembaran Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta. Bagaimana manajemen kinerja dilihat dari fungsinya untuk meningkatkan kinerja guru dan peranan guru Taman Kanak-Kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Kemabaran Tamantirto Kasiahan Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan : 1) Peran guru dalam pendidikan untuk meningkatkan kinerja guru TK ABA Kembaran diterapkan dalam 5 fungsi manajemen: a) Perencanaan yang terdiri dari : Analisis materi pelajaran, Program tahunan dan semester, program satuan kegiatan mingguan, program satuan kegitan harian. b) Pengorganisasiaan yaitu mengatur dan menghubungkan sumber belajar agar kegiatan-kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik dan lancar. c) Pelaksanaan yaitu melaksanakan kegiatan pembelajaran, penilaian pembelajaran ulangan harian atau semester, mengisi daftar nilai siswa. d) Evaluator yaitu melakukan penilaian terhadap proses kegiatan belajar dan penilaian hasil kegiatan. e) Pengawasan yaitu meneliti daftar hadir siswa dan mengatur ruang kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Okrisal Eka Putra, LC.MA
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Manajemen Kinerja dan Guru
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Apr 2014 08:27
Last Modified: 04 Dec 2015 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11605

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum