PENGEMBANGAN POCKET BOOK SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

MUSLIMAH, NIM. 09420149 (2013) PENGEMBANGAN POCKET BOOK SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN POCKET BOOK SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN POCKET BOOK SEBAGAI MEDIA BELAJAR MANDIRI BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (828kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab dalam bentuk pocket book untuk kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan untuk mengetahui kelayakan media bahasa Arab berbasis pocket book berdasarkan penilaian guru bahasa Arab SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan respon 20 peserta didik SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: Analisis (Analysis), Perancangan (Desain), Produksi (Development), Implementasi (Implementation), Evaluasi (Evaluation). Prosedur penelitian ini terbatas sampai pada tahap pengembangan Produksi (Development). Produk ini ditinjau oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan direspon oleh 20 peserta didik SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list) untuk melihat kualitas produk dan angket respon peserta didik untuk melihat tanggapan peserta didik terhadap produk. Hasil penelitian dan respon berupa data kuantitatif, kemudian dianalisis dengan kriteria penilaian ideal dan persentase keidealan untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian pengembangan berupa media pembelajaran Bahasa Arab berbasis pocket book dengan materi pokok bahasa Ad Dirᾱsah. Berdasarkan hasil penelitian, menurut guru bahasa Arab SMP IT Abu Bakar Yogyakarta, media pocket book memiliki kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 94%. Sedangkan respon yang dihasilkan menurut 20 peserta didik yaitu Positif dengan persentase 79,95%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab dalam bentuk pocket book ini layak dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar mandiri untuk peserta didik SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Kata kunci : Media Pembelajaran Bahasa Arab Pocket Book, Belajar Mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Bahasa Arab Pocket Book, Belajar Mandiri.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Apr 2014 07:34
Last Modified: 02 May 2017 13:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11735

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum