MANAJEMEN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN KADER DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

TUSLIKHATUN AMIMAH , NIM. 1220411167 (2014) MANAJEMEN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN KADER DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN KADER DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN KADER DI MADRASAH ALIYAH MU’ALLIMAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui Manajemen Standar Nasional Pendidikan (SNP) di Madrasah Aliyah (MA) Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta dalam hal ini dengan 3 standar yaitu standar Isi, standar Proses dan Standar Kompetensi Lulusan.2) Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat berjalannya manajemen SNP 3) Mengetahui dampak Manajemen SNP terhadap mutu pendidikan kader di MA Mu’allimat Muhammadiyah Yogyakarta. Secara metodologis, penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi lapangan , wawancara terstruktur dan dokumentasi. Adapun analisis data bersifat induktif, yakni menganalisis yang berangkat dari data dan fakta-fakta, peristiwa-peristiwa kongkrit yang ditemukan dalam penelitian kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, manajemen SNP yang diterapkan dalam perencanaan dan pengorganisasiannya, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi sudah sesuai dengan apa yang diatur oleh pemerintah. Instrumen yang berkaitan dengan 3 standar di atas adalah 50 point. Untuk standar isi semua point instrumen terpenuhi. Untuk standar proses ada instrumen belum terpenuhi karena dalam rombongan belajar siswa masih keluar dari standar maksimal yang diatur pemerintah yaitu 40 siswa perkelas sementara yang diatur pemerintah adalah maksimal 32 siswa perkelas. Untuk Standar Kompetensi Lulusan sudah terpenuhi. Dalam penilaian SNP ini bukti fisik merupakan alat yang harus diikutkan dalam penilaian. Kedua, Faktor pendukung adalah semangat para guru dan karyawan dalam merealisasikan program madrasah dan etos kerja yang sangat tinggi sehingga semua program kerja yang sudah terencana dengan baik dapat terlaksana dengan baik pula,dukungan dan kontrol dari BPH Badan Pembina PP Muhammadiyah, Pengawas KemenAg, Komite dan para alumni. Untuk faktor penghambat adalah pembagian waktu yang sangat sulit, masih banyak guru yang merangkap mengajar di MTs dan di madrasah yang lain sehingga mempersulit pembuatan jadwal. Ketiga, Dampak manajemen SNP terhadap mutu Pendidikan Kader keterkaitan antara standar isi, standar Proses dan standar kompetensi Lulusan dalam pendidikan kader akan menghasilkan output yang siap berkiprah di persyarikatan,pelanggan yaitu para siswa, wali siswa dan alumni berpendapat bahwa MA Mu’allimat Muhammadiyah adalah sekolah pilihan yang mempunyai harapan menjadikan siswa menjadi anak yang mandiri, penuh tanggung jawab, punya rasa sosial yang tinggi dan bermanfaat dalam persyarikatan, agama dan Negara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Hamdan Daulay, M.Si, MA
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Apr 2014 09:35
Last Modified: 29 Apr 2015 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11833

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum