SARIFATUN , NIM. 98413765 (2003) PENGOBATAN GANGGUAN KEJIWAAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA PENGOBATAN ASY-SYIFA’ H.M GANDUNG PRAWOTO DI GUNUNG KIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGOBATAN GANGGUAN KEJIWAAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA PENGOBATAN ASY-SYIFA’ H.M GANDUNG PRAWOTO DI GUNUNG KIDUL))
BAB I. IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (PENGOBATAN GANGGUAN KEJIWAAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS PADA PENGOBATAN ASY-SYIFA’ H.M GANDUNG PRAWOTO DI GUNUNG KIDUL))
BAB II. III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
||
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg Restricted to Repository staff only Download (0B) |
Abstract
Persaingan hidup yang sangat ketat menyebabkan tidak semua orang dapat mencapai apa yang di inginkan, sehingga tidak sedikit orang mengalami gangguan kejiwaan, putus asa, stres, bahkan akan berakibat sakit. Orang yang mengalami gangguan kejiwaan membutuhkan pengobatan danperawatan tersendiri, berbeda dengan mengobati orang yang sakit fisiknya. Salah satu cara mengobati dan merawat orang yang mengalami gangguan kejiwaan adalah dengan menggunakan sebagian dari ajaran-ajaran Agama Islam, melalui sholat, dzikir dan doa. Jenispenelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan interview. Sedangkan untuk menganalisa data menggunakan metode deskriptif analitik dengan menggunakan pola pikir deduktif-induktif. Berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pengobatan melalui Pendidikan Agama Islam di laksanakan setelah sholat wajib dengan materi bervariasi seperti, akidah, syariah dan akhlak yang diberikan sesuai dengan keadaan pasien. Sedangkan metodenya adalah interview, direktif konseling, psiko analisa, sholat, dzikir dan pemberian obat. Hasil pengobatan gangguan kejiwaan melalui pendekatan Pendidikan Agama Islam cukup berhasil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Kata kunci : Gangguan Kejiwaan, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | Miftahul Ulum [IT Staff] |
Date Deposited: | 17 Apr 2014 11:29 |
Last Modified: | 17 Apr 2014 11:29 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11939 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |