UJI COBA BUKU PEDOMAN APERSEPSI IPA BAHAN KAJIAN MATERI DAN SIFATNYA SMP/MTS KELAS VII KARYA AMIN ROSADI

RATNA PURNAMASARI , NIM. 08670049 (2013) UJI COBA BUKU PEDOMAN APERSEPSI IPA BAHAN KAJIAN MATERI DAN SIFATNYA SMP/MTS KELAS VII KARYA AMIN ROSADI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UJI COBA BUKU PEDOMAN APERSEPSI IPA BAHAN KAJIAN MATERI DAN SIFATNYA SMP/MTS KELAS VII KARYA AMIN ROSADI SKRIPSI )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UJI COBA BUKU PEDOMAN APERSEPSI IPA BAHAN KAJIAN MATERI DAN SIFATNYA SMP/MTS KELAS VII KARYA AMIN ROSADI SKRIPSI )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji coba Buku Pedoman Apersepsi IPA Bahan Kajian Materi dan Sifatnya di SMP/MTs Kelas VII sebagai sumber pegangan pendidik ditinjau dari minat belajar dan ketuntasan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah pengembangan lanjutan dari skripsi Amin Rosadi dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian Amin Rosadi dilakukan pada tahap analisis, desain/perancangan dan pengembangan dengan kualitas produk baik (B). Penelitian lanjutan yang dilakukan adalah uji coba buku pedoman apersepsi IPA, dengan materi bab Unsur, Senyawa, dan Campuran yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 1 Depok kelas VII. Uji coba yang dilakukan meliputi uji coba kelompok kecil (small group evaluation), dan uji coba lapangan (field trial). Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 9 peserta didik kelas VII C, dan uji coba lapangan dilakukan pada 21 peserta didik kelas VII D. Hasil analisis pada uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata minat belajar peserta didik secara keseluruhan sebesar 71.33% dengan kategori tinggi. Sedangkan persentase rata-rata minat belajar peserta didik secara keseluruhan yang diperoleh pada penilaian uji coba lapangan sebesar 79.19% dengan kategori tinggi. Skor rata-rata hasil tes peserta didik yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil sebesar 67.22 dengan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 66.67%. Sedangkan skor rata-rata hasil tes pada uji coba lapangan sebesar 73.09 dengan persentase ketuntasan peserta didik sebesar 85.71%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Buku Pedoman Apersepsi IPA pada bab “Unsur. Senyawa dan Campuran” layak dijadikan sebagai sumber pegangan pendidik dalam memberikan apersepsi karena dapat menarik minat belajar peserta didik dan meningkatkan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada materi tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Buku Pedoman Apersepsi IPA SMP/MTs, Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik, Materi dan Sifatnya
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 09:04
Last Modified: 22 Feb 2016 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12190

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum