PENGARUH WAKTU DAN LAMA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I DI MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2007/2008

Histinawati, NIM.: 03440386 (2008) PENGARUH WAKTU DAN LAMA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I DI MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH WAKTU DAN LAMA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I DI MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2007/2008)
03440386_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH WAKTU DAN LAMA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SEMESTER I DI MAN YOGYAKARTA I TAHUN AJARAN 2007/2008)
03440386_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara waktu dan lama belajar dengan prestasi belajar kimia siswa baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas I semester I MAN Yogyakarta I sebanyak 236 siswa, sampel dalam penelitian ini diambil secara acak sebanyak 3 kelas dari 6 kelas yang ada dengan jumlah 116 siswa. Sebagai kelas uji coba validasi dan reliabilitas instrumen adalah kelas XD dengan jumlah 40 siswa. Instrwnen dalam penelitian ini yaitu angket waktu belajar dan angket lama belajar yang telah divalidasi secara logis dengan cara dikonsultasikan kepada Dosen Pembimbing (sebagai validator), sedangkan soal prestasi belajar kimia siswa divalidasi empiris dengan reliabilitas soal sebesar 0,896. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi dua prediktor. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 3,451150 X, + 4,623832 X2 + 1,470585 dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,749 dan koefisien korelasi determinasi sebesar 0,560. Koefisien korelasi parsial rY1_2 sebesar 0,421 dan ry2_1 sebesar 0,481, dengan rtabel = 0, 195. Sumbangan efektif dan relatif waktu belajar (X1) dan lama belajar (X2) terhadap prestasi belajar kimia berturut-turutl0,352 dan 18,476; 45,682 dan81,525. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara waktu dan lama belajar dengan prestasi belajar kimia siswa baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Dra. Das Salirawati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Waktu Belajar, Lama Belajar, Prestasi Belajar Kimia
Subjects: 500 Sains Murni > 540 Kimia > 540.7 Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 26 Sep 2024 14:22
Last Modified: 26 Sep 2024 15:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1235

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum