HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIP, KREATIVITAS DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTSN TEMPEL TAUN PELAJARAN 2004/2005

ANITA SARI DEWI , NIM. 00430376 (2005) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIP, KREATIVITAS DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTSN TEMPEL TAUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIP, KREATIVITAS DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTSN TEMPEL TAUN PELAJARAN 2004/2005)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIP, KREATIVITAS DAN PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTSN TEMPEL TAUN PELAJARAN 2004/2005)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya lmbungan yang positif dan signifikan antara konsep diri, kreativitas dan partisipasi aktif siswa dalain proses belajar mengajar matematika dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tempel tahun pelajarati 2004/2005. Populasi dalain penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Tempel yang berjumlali 114 siswa dan terbagi dalam 4 kelas. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel yang diambil adalah kelas VII A, VII B dan VII C yang berjumlah 83 siswa. Metode pcngumpulan data yang digunakan adalah metode angket untuk mengungkap data konsep diri, kreativitas dan partisispasi aktif siswa, serta metode tes untuk mengungkap data tentang prestasi belajar matematika. Berdasarkan hasil uji coba instrumen diperoleh reliabilitas instrumen konsep diri sebesar 0,961. reliabilitas instrumen kreativitas sebesar 0,940, reliabilitas instrumen partisipasi aktif siswa sebesar 0,920, dan reliabilitas instrumen prestasi belajar sebesar 0,895. Hasil uji validity;; menghasilkan jumlah pernyataan sahih dari instrumei. konsep diri sebanyak 26 butir dan jumlah pernyataan yang gugur sebanyak 9 butir. Instrumen kreativitas diperoleh 24 butir pernyataan sahih dan 6 butir pernyataan gugur. Jnstrumen partisipasi aktif siswa diperoleh 21 butir pernyataan saliih dan 9 butir pernyataan gugur. Sedangkan untuk tes prestasi belajar diperoleh 20 butir soal sahih dan 5 butir soal gugur. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian adalah teknik analisis korelasi dan dilanjutkan dengan teknik anahsis regresi ganda. ~ Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tempel tahun pelajaran 2004/2005 dengan koefisien korelasi sebesar 0,577. Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas dengan p.estas: belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tempel tahun pelajaran 2004/2005 dengan koefisien korelasi sebesar 0,605. Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara partisipasi aktif siswa dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tempel tahun pelajaran 2004/2005 dengan koefisien korelasi sebo.sar 0,476. Adanya hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri, kreativitas dan partisipasi aktif siswa dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII MTsN Tempel tahun pelajaran 2004/2005 dengan koefisien korelasi sebesar 0,726 dan koefisien determinasi sebesar 0,528 serta persaniaan garis regresi adalah Y = -18,886 + 0,107X| + 0,146X2 + 0,077X3. Besarnya sumbangan relatif X| sebesar 39,3%, X2 sebesar 38,588%, X3 sebesar 22,112%. Besarnya sumbangan efektif X] sebesar 20,736%, X2 sebesar 20,360%, dan X3 sebesar 11,667%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Tadris
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 May 2014 11:07
Last Modified: 03 May 2014 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12352

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum