Kuni Amanati, NIM.: 03450441 (2008) PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK EVALUASI PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (KASUS PENELITIAN EKSPERIMEN SEMU PADA SISWA KELAS VII MTS. MA'HADUL MUTAALIMIN NGAWI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK EVALUASI PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (KASUS PENELITIAN EKSPERIMEN SEMU PADA SISWA KELAS VII MTS. MA'HADUL MUTAALIMIN NGAWI))
03450441_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (18MB) | Preview |
|
|
Text (PENGARUH PEMBERIAN UMPAN BALIK EVALUASI PORTOFOLIO TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI MATERI POKOK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (KASUS PENELITIAN EKSPERIMEN SEMU PADA SISWA KELAS VII MTS. MA'HADUL MUTAALIMIN NGAWI))
03450441_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (29MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui Mengeta.hui kemarnpuan kognitif C2 pada siswa dengan penilaian portofolio. i) Mengetahui kemampuan kognitif C2 pada siswa dengan penilaian portofolio disertai dengan pemberian umpan batik. 3) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan kognitif C2 pada siswa dengan penilaian portofolio tanpa umpan balik dengan penilaian portofolio disertai pemberian umpan batik. Desain yang diguanakan dalam penelitian ini meoggunakan desain eksperimen semu (Quasi eksperimen) dengan populasi semua siswa kelas VIl MTs. Ma'hadul Muta'altimin Ngawi dengan sampel diambil secara acak, yaitu dengan jalan pengundian sebanyak dua kelas yaitu kelas VIlA (sebagai kelas Eksperimen) dan kelas VIIB (sebagai kelas kontrol). Pengumpulan data dengan menggunakan lembar soal pretest dan postest. Analisis data untuk mengukur prestasi belajar kognitif biologi dengan menggunakan uji t berpasangan. Sebelum dilakukan uji t berpasangan terlebih dahulu di1akukan uji prasarat yaitu uji nonnalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil analisis uji prasarat menunjukkan data berdistribusi normal clan memiliki varians yang homogen. Hasil pretest dan postest kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata pretest untuk kelas kontrol sebesar 3,48 clan untuk kelas eksperimen sebesar 3,09 seclangkan untuk nilai postest didapatkan nilai ratarata untuk kelas kontrol sebesar 6,078 clan untuk kelas eksperimen sebesar 7,06. Hasil analisis uji t berpasangan menunjukkan hasil yang signifikan dengan harga t hitung 0, 1443 lebih kecil dari harga t tabel (1,671) pada tingkat signifikansi ci 1 % dengan kriteria pengujian Ho diterima jika -ta (t table) to ton. Dengan demikian hasil uji t berpasangan memberikan kesimpulan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan kognitif C2 pada siswa dengan penilaian portofolio tanpa umpan balik dengan penilaian portofolio disertai pemeberian umpan batik. Pemberian umpan batik pada penilaian portofotio lebih meningkatkan kemampuan kognitif C2 pada siswa.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Sudjoko, M.S. |
| Uncontrolled Keywords: | Umpan Balik, Penilaian Portofolio, Prestasi Belajar |
| Subjects: | 500 Sains Murni > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi |
| Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 27 Sep 2024 10:53 |
| Last Modified: | 27 Sep 2024 10:58 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1239 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
