M. Zakiudin Al Fauri, NIM.: 03450447 (2008) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM BENTUK VCD TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SAINS BIOLOGI SUB POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS (SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM BENTUK VCD TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SAINS BIOLOGI SUB POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS (SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (5MB) | Preview |
|
|
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM BENTUK VCD TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SAINS BIOLOGI SUB POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS (SISWA KELAS VIII SEMESTER I SMP MUHAMMADIYAH I YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media VCD dalam pembelajaran Sains-Biologi terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Yogyakarta sub pokok bahasan fotosintesis tahun ajaran 2007/2008. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-test post test control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Yogyakarta tahun ajaran 2007/2008. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII A4 dan VIII A5. Data penelitian berupa hasil angket motivasi belajar Sains-Biologi dianalisis dengan analisis deskriptif, dan data penelitian berupa pre test dan post test dianalisis dengan menggunakan uji-t antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar sains-Biologi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media VCD lebih tinggi daripada motivasi belajar Sains-Biologi siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media VCD. Ada perbedaan prestasi belajar Sains-Biologi yang cukup signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media VCD dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media VCD. Siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media VCD memiliki motivasi dan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan media VCD.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Drs.Suhardi, M.Pd. |
| Uncontrolled Keywords: | Media VCD, Prestasi Siawa, Motivasi Belajar |
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran |
| Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 14 May 2025 10:27 |
| Last Modified: | 14 May 2025 10:29 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1240 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
